Wanita Arab Saudi menghadiri sebuah demonstrasi untuk merayakan Hari Nasional ke-87 Arab Saudi ke-87 di Riyadh, Arab Saudi 23 September 2017. (REUTERS / Faisal Al Nasser) - Kompas

Saudi Akan Perbolehkan Perempuan Nonton Pertandingan Olahraga di Stadion

Sebelumnya, telah mengizinkan perempuan mengemudi mobil. Tahun depan, Arab Saudi rencananya akan memperbolehkan mereka menyaksikan pertandingan olahraga di stadion.

Kerajaan tersebut telah lama melarang perempuan berada di arena olahraga. Aturan ketat itu merupakan bagian dari pemisahan jenis kelamin di masyarakat.

Kebijakan yang diumumkan pada Ahad (29/10/2017) waktu setempat, sejalan dengan ambisi kuat dari putra mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammad bin Salman untuk mereformasi kerajaan.

“Kami tengah mempersiapkan tiga stadion di Riyadh, Jeddah, dan Dammam, agar siap mengakomodasi perempuan pada awal 2018,” tulis Otoritas Olahraga Arab Saudi, di akun Twitter, lansir The Guardian.

Tiga stadion tersebut sebelumnya hanya diperuntukkan bagi para pria.

Nantinya, perempuan juga bakal menikmati sejumlah fasilitas yang disiapkan di stadion, seperti restoran, cafe, dan layar video.

Bulan lalu, ratusan kaum hawa masuk ke stadion olahraga di Riyadh. Mereka bukan menyaksikan pertandingan olahraga, melainkan menghadiri sebuah acara perayaan ulang tahun negerinya.

Namun, kehadiran perempuan di stadion King Fahd tersebut menandai sebuah babak baru di kerajaan itu.

Negara konservatif itu makin terbuka. Dalam sebuah pernyataan, Pangeran Mohammad berkeinginan untuk menerapkan konsep “Islam moderat dan terbuka” di negaranya.

Dia juga mendorong target “Visi 2030”, yang berisi kebijakan ekonomi dan sosial jangka panjang untuk menghilangkan ketergantungan negara terhadap minyak. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *