kota megapolitan
Foto: discoverneom.com

Arab Saudi Siap Gelontorkan Rp 6.800 Triliun Demi Bangun Kota Megapolitan

Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammad bin Salman mengungkapkan bahwa pemerintahnya siap menggelontorkan dana hingga Rp 6.800 triliun untuk membangun sebuah kota megapolitan yang dikabarkan akan mengalahkan New York City.

Hal ini sebagai penegasan ambisi Arab Saudi untuk lepas dari ketergantungan minyak.

Nantinya kota tersebut akan terhubung dengan Yordania dan Mesir.

Dikutip dari Reuters, kota yang akan menempati lahan seluas 26.500 km itu diberi nama NEOM. Dengan luas tersebut, NEOM memiliki ukuran 33 kali lebih besar dari kota megapolitan lain, yakni, New York City.

Kota yang rencananya menghubungkan Yordania dan Mesir itu akan beroperasi menggunakan energi terbarukan.

Mohammad juga menyebut bahwa kota itu akan fokus digunakan untuk industri energi, bioteknologi, pangan dan hiburan. Untuk semakin menekankan ambisinya, Mohammad berkata,”Proyek ini bukan sebuah tempat untuk investor konvensional. Ini adalah tempat bagi para pemimpi yang ingin melakukan sesuatu di dunia ini.”

Menurut laporan Business Insider, pemerintah Arab Saudi menunjuk Klaus Kleinfeld untuk menjalankan proyek NEOM. Ia adalah mantan petinggi Siemens AG dan Alcoa Inc. Sementara itu, pendanaannya berasal dari Public Investment Fund (PIF) yang berbasis di Arab Saudi.

Bagian pertama NEOM sendiri diharapkan akan selesai dibangun pada 2025. Jika benar-benar sudah resmi, kota itu akan jadi satu dari sedikit kota yang menggunakan energi ramah lingkungan. “NEOM terletak di salah satu arteri ekonomi penting dunia. Lokasinya yang strategis juga akan memfasilitasi cepatnya pertumbuhan zona itu sebagai titik penghubung antara Asia, Eropa dan Afrika,” ujar PIF. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *