Foto: Google Image

Arti Kaligrafi di Pintu Gerbang Makam Nabi Muhammad SAW

INSPIRADATA. Nabi Muhammad SAW merupakan sosok manusia yang paling dicintai oleh umat Islam. Sholawat serta salam selalu terlimpah kepadanya. Dial ah manusia mulia yang paling dirindukan di dunia dan di akhirat.

Sunnahnya  menjadi tuntunan bagi segenap umat Islam. Dan, jejak sejarah hidupnya tidak pernah sepi untuk diziarahi. Salah satunya makam beliau. Setiap musim yang melaksanakan ibadah umrah pasti tidak akan melewatkan kesempatan untuk menziarahinya.

Dilansir dari Muslimedianews, makam Nabi Muhammad SAW berada di kompleks Masjid Nabawi di Madinah. Di sebelah timur makam tersebut terdapat sebuah pintu gerbang, tepatnya di bagian yang dulunya adalah rumah Sayyidah Fathimah Radhiyallahu ‘Anha. Pintu ini  disebut sebagai Pintu Sayyidah Fathimah Radhiyallahu ‘Anha. Ada sesuatu yang istimewa pada pintu gerbang tersebut.

Di pintu terdapat sebuah gembok yang bertuliskan kaligrafi Arab. Apa isi tulisan tersebut?

Ternyata itu adalah penggalan syair Qosidah Maulid Burdah buah karya Imam al-Bushiri Rahimahullah. Syair indah yang menggambarkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW. Tulisan kaligrafi yang menempel pada gembok makam Rasulullah itu mengandung arti:

“Dialah (Nabi Muhammad SAW) sang kekasih yang syafaatnya dinanti senantiasa – (Dalam menghadapi) segala derita dan petaka yang menerpa”.

Beliau sungguh sosok yang tidak tergantikan. Rasul akhir zaman yang menjadi  teladan umat sepanjang masa. Semoga sholawat serta salam selalu mengalir baginya.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Rahasia Televisi, Bisa ‘Membius’ Otak

TV merupakan contoh yang sangat baik sekali bagaimana perangkat ini mempengaruhi pikiran Anda sebagai akibat pengaruh yang ditimbulkannya kepada otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *