Foto: PC Tech Magazine

AS Keluar dari Dewan HAM PBB

Amerika Serikat mengumumkan, penarikan diri dari Dewan Hak Asasi Manusia PBB (UNHCR). Alasannya, Washington menganggap UNHCR tidak mengindahkan tuntutan reformasi, terutama berkaitan dengan Israel.

BACA JUGA: Erdogan: PBB Gagal Atasi Serangan Israel

Dubes AS di PBB Nikki Haley mengatakan, negaranya keluar dari UNHCR setelah tidak ada negara yang “berani bergabung dalam pertempuran kami”. Ia juga menyebut UNHCR sebagai badan “munafik dan egois”.

“Dengan demikian, kami ingin menjelaskan bahwa langkah ini bukan berarti kami mundur dari komitmen terhadap hak asasi manusia,” kata Haley, Rabu (20/6/2018).

Haley menambahkan, UNHCR memiliki bias kronis terhadap Israel. Badan itu tak pantas menyandang nama yang disematkan, imbuhnya.

BACA JUGA: Kangkung Populer di Indonesia Terlarang di AS

Koresponden Aljazeera Fadhi Mansour menjelaskan, Israel merupakan alasan utama keluarnya AS.

Sementara salah satu tuntutan yang dilayangkan adalah menghentikan kecaman berkala kepada Israel atas pendudukannya di Tanah Palestina.

BACA JUGA: Komisioner HAM PBB Ajak Warga Dunia Perangi Islamofobia

Selain itu, AS juga menuntut agar UNHCR mengubah mekanisme voting, yang memungkinkan bagi negara yang menurut AS tak pantas.

Hal ini bukan tiba-tiba, imbuh Mansour. Sebelumnya Washington telah mengancam akan keluar jika UNHCR tidak mengindahkan tuntatan reformasinya. []

Sumber: Dakwatuna


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Saudi Sepi karena Virus Corona, TKI Alman: Supir Taksi Nangis ke Saya 

Jalanan yang biasanya ramai dan macet oleh kendaraan, saat ini terlihat kosong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *