Asal-usul Kopi, Antara Peradaban Muslim dan Dunia

0 34
asal usul kopi islam-  - Asal-usul Kopi, Antara Peradaban Muslim dan Dunia -
Foto: alibaba

INSPIRADATA. Ada sekitar 1,6 milyar cangkir kopi dikonsumsi setiap hari di seluruh dunia. Miliaran orang mengandalkannya sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari mereka. Namun, sangat sedikit orang yang menyadari asal-usul minuman ini dari .

Menurut catatan sejarah, Sekitar abad 14, kopi menjadi minuman yang sangat populer di kalangan umat Islam di Yaman, Semenanjung Arab selatan.

Asal-usul berasal dari seorang gembala (beberapa mengatakan di Yaman, beberapa mengatakan di Ethiopia) memperhatikan kambingnya menjadi sangat energik setelah mereka makan biji dari pohon tertentu. Dia memberanikan diri untuk mencobanya, karena melihat kambingnya begitu berenergi, dari sanalah mungkin adalah tanaman kopi.

Tradisi Memanggang Kopi

Seiring waktu, tradisi memanggang biji-bijian dan membenamkannya di dalam air untuk membuat minuman asam mulai dikembangkan, dan dengan demikianlah, kopi lahir.

terlepas dari benar tidaknya berasal dari kisah si penggembala tersebut, perjalanan minuman kopi mulai dari dataran tinggi Yaman dan seluruh Kekaisaran Ottoman, yang terkemuka pada abad ke-15.

Setelah perkembangannya, kedai kopi mengkhusukan diri dalam bentuk minuman baru yang mulai bermunculan di seluruh kota-kota besar dunia Muslim: Cairo, Istanbul, Damaskus, Baghdad. Setelah itu, minuman kopi mulai menyebar ke Eropa melalui kota pedagang besar Venesia. Meskipun pada awalnya mengecam sebagai “minuman Muslim” oleh otoritas Katolik, kopi menjadi bagian dari budaya Eropa.

Kedai-kedai kopi dari tahun 1600-an tersebut digunakan para filsuf untuk bertemu dan membahas isu-isu seperti hak-hak manusia, peran pemerintah, dan demokrasi. “Diskusi kopi” ini melahirkan apa yang disebut Pencerahan, salah satu gerakan intelektual yang paling kuat dari dunia modern.

Inilah inovasi Muslim yang menjadi penting bagi sejarah, dimulai dari seorang gembala yang kemudian dikonsumsi oleh milyaran orang di dunia bahkan mempengaruhi taraf intelektual manusia. []

Sumber: lostislamichistory

(Visited 26 times, 1 visits today)
loading...
loading...

You might also like More from author

Comments

Loading...