foto: shutterstock.com

Asal Usul Payung

foto: shutterstock.com

INSPIRADATA. Payung pertama kali ditemukan oleh bangsa cina, tapi sudah ada sejak jaman romawi kuno.

Pada awalnya, payung merupakan simbol prestisius. Hanya orang-orang di kalangan tertentu saja yang menggunakannya. Di Timur Tengah, payung hanya digunakan oleh keluarga kerajaan. Walaupun saat itu fungsinya sebagai pelindung dari terik matahari, payung juga menjadi simbol atau status seorang pemegang kekuasaan.

Seiring perkembangan jaman,  payung pertama dibuat dari bahan bambu dan rotan dengan bahan kain tenunan. saat itu payung mempunyai rangka yang banyak, dan bentuknya sangat kaku. Hanya berupa payung panjang dan dengan kain  berwarna hitam.

Bangsa Cina mulai memberikan motif lukisan pada kain payung yang akhirnya berkembang hingga saat ini. Payung-payung tersebut mempunyai banyak corak warna dan jenis lipat berbagai ukuran .

payung modern mempunyai rangka yang lebih sedikit. Umumnya rangka payung ada 8 , dan memakai bahan kain tahan air atau waterproof, agar tidak tembus dan juga mudah dikeringkan .

Payung dengan rangka lipat mempunyai banyak ukuran dan bermacam-macam motif. Makin banyak lipatannya maka ukuran payung akan pun semakin kecil. Sehingga praktis untuk bepergian.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *