sulit hamil

Awas, 4 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Sebabkan Wanita Sulit Hamil

Setiap wanita yang sudah menikah pasti ingin sekali segera hamil dan menjadi seorang ibu. Saat sudah menikah, ada yang Allah segerakan untuk dikasih momongan dan ada pula yang lama menanti.

Namun ada beberapa kebiasaan yang justru akan menghambat kehamilan pada wanita.

1. Terlalu sering bermain smartphone
Sebuah studi yang dilakukan di Jepang memperingatkan para wanita untuk tidak bermain smartphone hingga larut malam. Karena smartphone ini memiliki paparan sinar dan radiasi dari smartphone pun memiliki efek buruk, bukan hanya mata kita yang akan bermasalah tetapi tingkat kesuburan kita pun akan menurun.

2. Nonton TV hingga larut
Selain bermain smartphone hingga malam, nonton TV pun hingga larut pun berpengaruh pada kesuburan kandungan. Fakta ini ditemukan oleh seorang peneliti di Jerman, Saat tikus betina terkena cahaya buatan pada malam hari, mereka menderita infertilitas. Beliau menemukan bahwa radiasi cahaya TV bisa mempengaruhi kesehatan tubuh khususnya kandungan.

3. Tidur di bawah paparan sinar lampu yang terang
Peneliti mengungkapkan jika cahaya lampu yang terlalu terang bisa meningkatkan risiko penyakit mematikan seperti kanker, jantung, paru-paru hingga membuat wanita sulit hamil.

Apa sih hubungan antara kesuburan dan paparan cahaya? Menurut sebuah penelitian, cahaya buatan mempengaruhi ritme sirkadian tubuh. Pasalnya, cahaya lampu ruangan, smartphone, TV, akan mengganggu siklus tidur lantara cukup banyak melatonin yang tidak disekresikan. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak begadang untuk hal-hal yang kurang penting. Selain itu, kadar melatonin juga mempengaruhi hormon reproduksi (progesteron dan estrogen. Inilah hubungan antara cahaya dan kesuburan.

4. Pola tidur yang buruk
Pola tidur yang buruk pun bisa membuat kesehatan tubuh kita menurun termasuk masalah kesuburan kandungan.

Saat hari mulai gelap, otak Anda langsung secara otomatis mendapat sinyal pelaton melatonin untuk membuat Anda merasa kantuk. Nah, di sini sebaiknya Anda beristirahat dan jangan begadang untuk urusan yang tidak penting. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

alasan suami selingkuh

Perhatikan, 5 Hal Sepele Ini Bisa Jadi Tanda Pasangan Anda tengah Berselingkuh

Meski demikian, ada juga orang yang tetap biasa saja dengan HP. Kemana-mana dia tidak perlu terlalu sering memegang handphone. Membuka handphone kalau ada notifikasi saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *