Unik, Informatif , Inspiratif

Awas, 5 Dosa Ini Langsung Dibalas di Dunia

0

Setiap perbuatan di dunia pasti akan dibalas dengan balasan yang setimpal. Perbuatan baik akan dibalas dengan kebaikan. Sedangkan perbuatan buruk juga akan dibalas dengan keburukan. Manusia adalah makhluk pendosa, yang memiliki banyak kesalahan.

Semua perbuatannya itu akan mendapat balasan. Entah di dunia maupun di akhirat nanti. Ada beberapa perbuatan dosa yang langsung Allah SWT balas di dunia, di antaranya:

[bs_smart_list_pack_start][/bs_smart_list_pack_start]

1. Zina

Perbuatan ini merupakan perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Tak salah jika dosa ini masuk dalam kategori dosa besar. Islam memberikan aturan yang jelas bahwa bagi mereka yang berzina harus siap untuk dicambuk. Setelah itu mereka pun harus diasingkan dan jauh dari pemukiman warga. Perbuatan zina ini semakin berat hukumannya saat yang melakukan zina tersebut adalah mereka yang telah menikah. Hukuman yang dialami langsung oleh mereka adalah dilempari batu hingga mati.

Dampak buruk dari zina selain mendapatkan dosa yang besar adalah kemungkinan besar untuk terjangkit penyakit AIDS. Inilah balasan bagi orang yang melakukan perzinahan. Untuk itu jangan sekali-kali mendekati perbuatan zina, terlebih lagi melakukan zina jika tak ingin laknat Allah menimpa diri kita.

2. Curang Dalam Timbangan

Dalam dunia perniagaan pun terdapat dosa yang langsung dibalas saat masih di dunia yaitu curang dalam timbangan. Perdagangan memang sebuah usaha yang dianjurkan dalam aturan Islam untuk meraih kesejahteraan. Bahkan Nabi akhir zaman yaitu Rasulullah SAW merupakan seorang pedagang yang dikenal orang banyak karena kejujuran dan sifat amanahnya.

Balasan yang akan mereka terima yaitu musim paceklik yang berkepanjangan, ketidakbahagiaan hidup dan juga didzalimi oleh penguasa. Berlaku curang dalam berniaga disebabkan keinginan mereka untuk memprioritaskan dunia dibanding dengan kehidupan akhirat yang abadi. Meski untuk kesejahteraan hidup yang lebih cepat, namun perbuatan tersebut bertentangan dengan anjuran Islam perihal berdagang.

Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda “Barangsiapa menjadikan akhir zaman sebagai orientasi hidupnya, maka Allah akan jadikan kekayaan dalam hatinya, Allah himpun kekuatannya dan dunia akan menghampirinya meski ia tidak menginginkannya. Dan sebaliknya barang siapa menjadikan dunia sebagai cita-citanya, Allah jadikan kefakiran ada di depan matanya, Allah cerai beraikan urusannya dan dunia tidak menghampirinya kecuali apa yang sudah Allah takdirkan untuknya” (HR Tirmidzi).

3. Menahan Keluarnya Zakat

Dalam rukun Islam terdapat rukun menunaikan zakat. Zakat memang salah satu ibadah yang tak hanya bertujuan kepada Allah semata, namun juga bermanfaat bagi sesama manusia. Fungsi dari zakat itu sendiri adalah sebagai pembersih atas harta yang telah didapat. Ujian tidak selalu berupa kesusahan, karena Allah pun menguji manusia dengan kekayaan. Sungguh beruntung bagi orang yang beriman karena dengan harta tersebut, ia akan mengeluarkan untuk membayar zakat yang menjadi hak orang lain atas dirinya. Sementara bagi mereka yang kikir, tak ada niat sedikit pun untuk meneteskan hartanya dan ditunaikan sebagai zakat.

Menahan mengeluarkan zakat merupakan dosa yang dilarang oleh Allah SWT. Dosa ini pula yang akan dibalas langsung di dunia dengan cara menahan air hujan di langit atau ditimpakan kepada mereka kemarau yang berkepanjangan.

4. Membangkang pada janji Allah dan RasulNya

Beriman kepada Allah dan RasulNya memiliki kata lain yaitu memelihara apa yang telah menjadi janji Allah dan RasulNya. Pemeliharaan tersebut yaitu dengan tetap melaksanakan apa yang menjadi perintahNya dan menjauhi seluruh laranganNya.

5. Dosa Pada Orang Tua

Orang tua merupakan sosok yang mesti kita hormati. Allah telah memberikan hak atas keduanya untuk dihormati setelah kita menyembah kepada Allah. Kemurkaan Allah juga bergantung pada murkanya orang tua sehingga Allah akan murka jika ada seorang anak yang menyakiti dan durhaka kepada orang tuanya.

Rasulullah SAW bersabda “ Ada dua pintu (amalan) yang disegerakan balasannya di dunia yaitu kedzaliman dan durhaka (pada orang tua)” (HR Hakim).

[bs_smart_list_pack_end][/bs_smart_list_pack_end]

Balasan tersebut akan semakin cepat terealisasi manakala orang tua yang didzalimi mengadukan hal itu kepada Allah. Doa yang mustajab tersebut akan menembus langit dan akan diamini oleh semua malaikat sehingga Allah pun mengabulkannya.

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadist “Tiga doa yang tidak tertolak : doa orang tua, doa orang yang berpuasa dan doa orang yang terdzalimi (HR Baihaqi). ()

Sumber: KabarMakkah


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.