kantung mata

Awas, 6 Bagian Tubuh Ini Tidak Boleh Disentuh Langsung!

Tubuh adalah harga berharga bagi individunya masing-masing. Karena diri sendirilah yang menjadikan tubuh itu sehat atau tidaknya, juga menentukan bersih atau tidaknya. Meskipun tubuh adalah milik individu tersebut, namun ada beberapa bagian dari tubuh yang tidak boleh disentuh langsung oleh jari secara langsung.

Menurut Prevention, berikut adalah beberapa bagian tubuh yang sebisa mungkin dijauhkan dari sentuhan tangan langsung.

Lubang telinga

Memasukkan jari atau benda lain ke lubang telinga sebaiknya jangan dilakukan karena bisa merobek lapisan tipis di saluran telinga. Jika telinga terasa sangat gatal, jangan memaksakan jari atau alat lainnya untuk menghilangkannya. Sebaiknya pergi ke dokter THT untuk melihat masalahnya dan mendapat penanganan yang sesuai.

Wajah

Saat mencuci muka atau memakaikan produk perawatan wajah ke muka bisa menggunakan tangan (bagian jari-jari) namun pastikan untuk tidak menggunakan bagian telapak karena permukaan telapak tangan penuh kuman.

Mata

Selain pada saat memakai lensa kontak atau membersihkan kotoran mata, sebaiknya jangan menyentuh bagian mata secara langsung dengan tangan atau jari-jari. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir menularnya kuman di tangan ke mata.

Mulut

Tanpa disadari kebiasaan memasukkan atau menyentuh bagian mulut dengan tangan ini banyak dilakukan oleh orang. Dan tanpa disadari pula hal itu membuat kuman di tangan lebih mudah masuk ke dalam tubuh.

Bagian dalam hidung

Saat membersihkan bagian dalam hidung dengan jari, sebanyak 51% kemungkinan hal itu akan membawa bakteri Staphylococcus aureus di hidung.

Kulit di bawah kuku

Banyak bakteri yang bersarang di kulit bawah kuku, termasuk bakteri Staph. Untuk mengurang bakteri di sana, rajinlah memotong kuku dan bersihkan secara rutin dengan menggosoknya dengan sikat halus untuk menghilangkan bakteri. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *