efek hangatkan makanan
Foto: Huffingtonpost.com

Awas, 7 Makanan Ini Bisa Beracun Kalau Dipanaskan

Kebiasaan yang menyisakan lauk pauk dan menyimpannya untuk dihangatkan memang sering dilakukan kebanyakan orang. Jika setelah dimakan masih bersisa, maka akan dihangatkan lagi di lain waktu. Hal ini ternyata berdampak buruk bagi kesehatan.

Harus kita pahami, tidak semua makanan bisa dipanaskan secara terus menerus. Karena pada faktanya, beberapa makanan di bawah ini justru bisa menjadi beracun hingga penyebab kanker jika terus dipanaskan.

1. Gorengan

7 Makanan Ini Jadi Beracun Kalau Dipanaskan, Ngeri Banget!
theflamingvegan.com

Makan gorengan memang menjadi kudapan yang sangat lezat di rumah. Namun, jangan sekali-kali kamu memanaskannya.

Tentu kita tahu bahwa gorengan membutuhkan banyak minyak saat mengolahnya. Ketika kita memanaskannya lagi, gorengan akan kembali mengandung banyak minyak. Hal tersebut akan membuat kolesterol semakin tinggi.

2. Jamur

7 Makanan Ini Jadi Beracun Kalau Dipanaskan, Ngeri Banget!
Huffingtonpost.com

Jamur juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan saat kita memanaskannya. Apa pun olahan jamurmu, seperti sop atau digoreng, lebih baik tidak dipanaskan lagi.

Protein dalam jamur akan menghilang dan hasilnya hanya akan ada senyawa jahat yang masuk ke tubuhmu.

3. Santan

7 Makanan Ini Jadi Beracun Kalau Dipanaskan, Ngeri Banget!
She.ID

Banyak masakan yang semakin lezat ketika diolah menggunakan santan. Meski rasanya agak aneh saat dingin, tapi lebih baik kamu menyantapnya apa adanya.

Saat kamu memanaskan santan, lemak yang terdapat pada santan akan berubah menjadi lemak jahat. Hal tersebut bisa membuatmu kolesterol.

Wah, ngeri juga ya. Lebih baik kita memasaknya dalam porsi pas, sehingga tidak perlu dipanaskan lagi.

4. Ayam

7 Makanan Ini Jadi Beracun Kalau Dipanaskan, Ngeri Banget!
gooddinnermom.com

Makan ayam selagi panas memang sangat menggiurkan dan nikmat banget. Namun, sebaiknya kamu tidak memanaskannya saat sudah dingin.

Protein dalam ayam akan berubah seiring kamu memanaskannya yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Di saat terpaksa, lebih baik kamu memanaskannya dengan api kecil dengan waktu yang cukup singkat.

5. Bayam

7 Makanan Ini Jadi Beracun Kalau Dipanaskan, Ngeri Banget!
draxe.com

Siapa yang tak sayur bayam? Hampir semuanya suka. Apalagi gizimu sangat baik untuk tubuh. Bahkan, beberapa ibu menyiapkannya dalam porsi besar yang dapat dimakan hingga malam hari.

Tidak ada yang salah pada hal itu. Tapi beda ceritanya jika bayam itu selalu dipanaskan. Bayam mengandung nitrat dan akan berubah menjadi senyawa nitrit ketika dipanaskan. Nitrit inilah yang akan menyebabkan seseorang terkena kanker.

6. Kentang

7 Makanan Ini Jadi Beracun Kalau Dipanaskan, Ngeri Banget!
seriouseats.com

Kentang menjadi makanan cukup populer, karena bisa diolah menjadi apa saja. Tapi kalau dipanaskan terus menerus, nutrisinya akan hilang lho.

Sama halnya dengan bayam, kentang akan mengalami proses oksidoasi saat dipanaskan. Proses tersebut akan membuat tubuhmu dimasukkan senyawa racun yang berbahaya.

7. Telur

7 Makanan Ini Jadi Beracun Kalau Dipanaskan, Ngeri Banget!
bonappetit.com

Telur merupakan makanan sehat yang mengandung vitamin A, kalsium, vitamin B6, vitamin B12, dan fosfor. Telur akan berbahaya jika tidak dikonsumsi dalam kondisi fresh.

Saat kamu menghangatkan telur, akan timbul senyawa-senyawa yang berakibat munculnya racun. Hal tersebut bisa mengakibatkan gangguan pada sistem pencernaan. []

Sumber: IDN Times

 


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *