Namun seperti kita sering lihat sekarang, orang muslim banyak yang mempunyai kebiasaan buruk dalam hal makan dan minum.
Foto: Professional Travel

Awas, Ini 7 Bahayanya Makan Sambil Beraktivitas

Makan atau minum diharuskan dalam keadaan duduk atau tidak sedang beraktifitas. Hal ini tentunya berguna untuk menjaga kesehatan. Selain itu, makan dalam keadaan beraktifitas juga tidak enak dipandang.

 

Makan dalam keadaan bergerak mempunyai efeknya terhadap kesehatan. Ada dampak yang akan Anda rasakan jika terus-terusan makan dalam keadaan beraktifitas.

 

Berikut ini 7 dampak buruk makan sambil bergerak yang dikutip dari tempo.co.

 

1. Peningkatan Aktivitas Kandung Kemih

 

Hal ini terlihat pada kebanyakan individu yang minum kopi atau teh sambil berjalan dan bercakap-cakap atau saat mengemudi. Mungkin terlihat sehat jika mengemudi sambil menyeruput kopi. Tapi pada saat bersamaan, kopi yang dihirup juga menginduksi kandung kemih sehingga aktivitasnya meningkat. Dorongan Anda untuk buang air kecil meningkat akibat kafein. Selain itu, bahkan bisa menyebabkan keasaman dan perut kembung.

 

2. Mual

 

Jika sudah sering mengalami mual, bisa jadi karena aktivitas bergerak saat makan. Mual sebagian besar muncul jika seseorang minum susu hangat atau protein secara tergesa-gesa. Padahal tubuh butuh waktu untuk mencerna protein. Jika tubuh terlibat dalam beberapa kegiatan lain, maka ia tidak dapat sepenuhnya berkonsentrasi pada makanan, dan akibatnya, hal itu menyebabkan perasaan mual

 

3. Pembentukan Gas

 

Pembentukan gas adalah masalah umum yang terkait dengan gangguan pencernaan dan kembung. Hal itu bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dan lesu. Dalam kasus yang merugikan, pembentukan gas menyebabkan nyeri dada parah dan bahkan stroke ringan. Jadi jika Anda adalah salah satu dari mereka yang cenderung minum minuman berkarbonasi dan kafein saat bepergian, masalah ini mungkin merupakan bahaya kesehatan yang serius bagi Anda.

 

4. Makan Lebih Banyak

 

Aspek penting lainnya dari makan sambil bergerak adalah orang cenderung makan lebih banyak. Dia gagal melacak tingkat nafsu makan dan terus mengunyah makanan saat terlibat dalam percakapan mendalam. Hal ini pasti akan menyebabkan perut kembung karena makan berlebih dan menambahkan ekstra kilo ke lingkar pinggang Anda. Jadi ini adalah beberapa masalah yang terkait dengan kesibukan saat Anda sedang makan. Jadi untuk memiliki gaya hidup sehat, pertahankan diet yang tepat bersama dengan mengunyah makanan Anda dengan aman untuk menghindari gangguan pencernaan dan masalah yang terkait.

 

5. Keasaman perut

 

Saat kita makan makanan, ia melewatkan pipa makanan ke perut untuk pencernaan. Ini adalah proses yang ketat dengan setiap gigitan yang Anda ambil. Tapi jika Anda terus bergerak sambil makan proses pencernaan terganggu, dan akibatnya, Anda mengalami mulas dan asam, disertai rasa mual.

 

6. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan adalah masalah umum yang dihadapi saat Anda makan saat dalam perjalanan. Ini karena partikel makanan tidak dipecah dengan benar dan tetap berada di usus. Hal ini mengakibatkan kelesuan, keasaman, gangguan pencernaan, dan banyak masalah lainnya. Jadi disarankan untuk duduk tenang sambil mengkonsumsi makanan Anda.

 

7. Perut Kembung

 

Gangguan pencernaan sering menyebabkan perut kembung disertai dengan muntah, mual dan sembelit. Jadi, jika Anda terlambat bekerja dan berpikir untuk meraih sebutir apel saat bepergian, maka berhati-hatilah karena sepanjang sisa perut Anda akan membuat Anda menderita banyak. []

 


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *