Unik, Informatif , Inspiratif

Awas, Ini Bahayanya Jika Bayi Diberi Minum Air Putih

0

Bayi yang masih menyusu Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif tidak memerlukan air putih sebelum usianya mencapai enam bulan. Pemberian air putih pada bayi berusia di bawah enam bulan justru dapat mengundang risiko gizi buruk dan diare.

Sebagaimana direkomendasikan oleh Lembaga Kesehatan Dunia (World Health Organization – WHO), bayi membutuhkan asupan ASI eksklusif selama minimal enam bulan pertama kehidupannya. ASI eksklusif artinya bayi hanya mengonsumsi ASI, tidak mengonsumsi makanan atau minuman tambahan lain. Bila kondisi Bunda atau bayi tidak memungkinkan untuk pemberian ASI eksklusif, berikan susu formula.

BACA JUGA: Bayi Ileran karena Ibu Ngidam Tidak Terpenuhi? Ini Kata Dokter

Selain itu, dr. Jennifer Anders dari Rumah Sakit Anak Johns Hopkins di Baltimore mewanti-wanti orangtua untuk tidak langsung memberikan air putih pada usia bayi yang masih berusia dini. Mengonsumsi terlalu banyak air dapat membuat bayi berisiko mengalami keracunan air, dan itu bisa fatal akibatnya.

Pasalnya, organ ginjal bayi belum berfungsi secara matang. Jika bayi minum air putih terlalu banyak, tubuh mereka bisa mengeluarkan terlalu banyak garam bersamaan dengan air putih yang diminum. Ketidakseimbangan cairan tubuh ini akan mengganggu aktivitas otaknya.

BACA JUGA: Manfaat ASI, Lindungi Bayi dari Alergi Makanan

Gejala paling awal yang dimunculkan biasanya adalah mengantuk dan lemas. Gejala keracunan air lainnya termasuk kondisi suhu tubuh rendah, tubuh membengkak (biasanya pada wajah), hingga kejang.

Harus dipahami juga bahwa air putih yang terkontiminasi bakteri dapat menyebabkan perkembangan bayi tidak ada peningkatan, bahkan mengalami bobot tubuh yang terus menurun. Asupan air putih hanya menimbulkan kurangnya asupan nutrisi dari ASI. []

SUMBER: ALODOKTER|HELLOSEHAT


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.