makanan berbahaya bagi bayi
Mom.me

Awas, Jangan Berikan 6 Makanan Ini pada Bayi

Salah satu tugas orangtua pada anaknya yang masih bayi adalah memastikan semua makanan yang dikonsumsinya sehat dan bergizi. Orangtua jangan hanya mengenyangkan perut si bayi, tapi harus berpikir tentang nutrisi yang didapatnya.

Alih-alih sehat, bayi justru bisa menjadi sakit karena orangtua salah memberikan makanan yang baik untuknya.

Orangtua wajib memilihkan makanan yang tepat bagi sang bayi. Dikutip dari situs Boldsky, Senin (13/11/17), demi kesehatannya, orangtua jangan coba berikan makanan-makanan di bawah ini kepada si kecil.

1. Makanan siap saji
Hati-hati, makanan siap saji sering kali sangat tinggi dalam kandungan garam dan mungkin juga mengandung bahan pengawet buatan.

Makanan ini bisa sangat berbahaya bagi bayi dan balita. Alih-alih membeli makanan siap saji ini, carilah resep mudah yang bisa dimasak di rumah.

2. Makanan ringan yang digoreng
Meski lezat dan dicintai oleh balita,  makanan jenis ini tinggi lemak jenuh dan rendah nutrisi. Makanan ini membuat anak Anda cepat kenyang, tapi gizinya tidak berarti.

3. Makanan Manis
Camilan manis ini tinggi pada gula dan tidak baik untuk bayi Anda. Hal ini juga dapat menyebabkan gigi baru bayi Anda membusuk.

4. Sereal
Kebanyakan sereal sarapan sarat dengan gula dan sangat tidak sehat. Mereka juga cenderung tinggi dalam garam. Sarapan buatan sendiri adalah pilihan sehat yang bisa Anda pilih. Jika Anda ingin memberi sereal pada anak Anda, pastikan yang tanpa rasa. Anda selalu bisa menambahkan rasa manis ke dalamnya dengan menambahkan buah segar atau kering.

Sebaiknya hindari memberi makan madu pada bayi Anda. Anda bisa memberi bayi Anda buah yang diolah bukan untuk menambahkan rasa manis ke dalam makanan bayi Anda seperti saus apel atau pisang halus.

5. Ikan jenis tertentu
Beberapa jenis ikan yang jangan Anda berikan pada si kecil adalah, marlin, hiu, dan ikan pedang. Ikan ini sangat tinggi kadar merkuri dan memakannya bisa menjadi sumber bahaya kesehatan potensial.

6. Teh, kopi, dan minuman bersoda
Teh dan kopi sering ditawarkan kepada balita. Namun, teh dan kopi mengandung kafein yang bisa menyebabkan kecanduan. Tanin yang ada di dalamnya juga dapat menyebabkan malabsorpsi zat besi. Selain itu, minuman bersoda juga banyak mengandung gula. Nutrisinya bahkan nyaris tidak ada untuk bayi Anda. []

 


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *