mentah
mentah (Foto: doktersehat)

Awas, Jangan Makan Ini Mentah-mentah

Sebagian orang melakukan pola makan ‘raw food’, membuat seseorang hanya mengonsumsi makanan dalam kondisi mentah, karena dianggap lebih segar dan kaya nutrisi. Tapi, menurut pakar kesehatan pola makan tersebut berisiko terhadap kesehatan.¬†

Beberapa makanan di bawah ini, sangat berpengaruh jika dimakan dalam kondisi mentah karena kandungan gizi dan lain sebagainya, seperti dilansir Doktersehat:

Kentang

Kentang memang bisa diolah menjadi berbagai makanan yang cukup lezat dan mengenyangkan. Umbi-umbian ini juga menawarkan begitu banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Pakar kesehatan sangat tidak menyarankan kita untuk mengkonsumsi kentang saat masih dalam kondisi mentah.

Alasannya? Tak hanya rasa yang kurang nikmat, di dalam kentang yang mentah ternyata masih terdapat kandungan pati yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan layaknya masalah perut kembung andai dikonsumsi langsung tanpa dimasak terlebih dahulu.

Susu

Jika kita mengkonsumsi susu yang masih mentah atau susu yang belum sempat melalui proses pasteurisasi, maka dikhawatirkan susu ini masih memiliki kandungan bakteri listeria atau bakteri E.Coli yang berbahaya dan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

Madu

Madu mentah memang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan bagi orang dewasa. Namun, kita sebaiknya tidak memberikan madu mentah pada anak-anak karena adanya kandungan neurotoxin yang bisa berpengaruh buruk bagi kesehatannya.

Kecambah

Sebagian pria mengkonsumsi kecambah mentah dengan alasan ingin memperbaiki produksi spermanya.

Padahal, menurut pakar kesehatan kecambah mentah sebaiknya tidak dikonsumsi karena dikhawatirkan masih memiliki kandungan bakteri salmonella, E.Coli, dan juga listeria yang berbahaya bagi kesehatan.

Kacang merah

Kandungan lectin dan phytohaemagglutinin yang ada pada kacang merah yang mentah bisa memicu mual-mual, muntah, dan juga diare andai kita konsumsi sebelum dimasak.

Sumber


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *