Foto: Freshealthy

Awas! Jangan Sering Makan Telur, atau Ini Akibatnya

Telur merupakan salah satu makanan kaya nutrisi. Tetapi, selain manfaat yang terkandung dalamnya, telur juga bisa membuat orang sakit. Mengapa demikian?

Nutrisionis Jansen Ongko, MSc, RD, mengatakan, sebenarnya tidak ada penyakit dari telur yang menular pada manusia. Meski demikian jangan sampai sembarangan mengonsumsi telur untuk menghindari keracunan yang mungkin timbul, atau bahaya telur akan mengintai Anda.

“Harus berhati-hati saat mengonsumsi telur segar atau produk turunan telur untuk menghindari keracunan makanan yang dapat timbul,” pesan Jansen seperti dilansir detik.com.

Jansen menjelaskan bagian dalam telur yang tampak normal bisa saja berisi bakteri Salmonella yang bisa membuat Anda sakit.

Bakteri ini bisa masuk ke dalam tubuh dan beresiko menimbulkan penyakit, terutama jika telur yang dimakan mentah atau dimasak sebentar. Karena itu sebaiknya telur dimasak dengan baik.

“Mengonsumsi telur yang sudah terkontaminasi bakteri dapat menyebabkan efek samping seperti bisulan, diare, kram perut dan demam,” tambah Jansen.

Bagi yang memiliki penyakit tertentu seperti diabetes, kolesterol tinggi maupun penyakit jantung, makan telur lebih dari dua sehari tidaklah disarankan. Jansen menyarankan maksimal hanya satu butir telur per hari.

Menggoreng telur menggunakan minyak yang telah terhidrogenesis akibat proses pemanasan juga bisa membahayakan kesehatan. Ini karena minyak gorengnya berubah menjadi lemak trans sehingga berpotensi meningkatkan kolesterol dalam tubuh.

Suatu kali pernah adanya kasus di Tunisia. Seorang pria meninggal setelah makan 28 butir telur mentah.

Terkait kasus tersebut, Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, dari RS Cipto Mangunkusumi (RSCM) mengatakan jika mengonsumsi telur banyak dalam waktu singkat bisa menyebabkan kematian karena serangan jantung. Hal ini karena protein dan kalori berlebih yang masuk membuat beban jantung semakin berat.

Apalagi jika orang tersebut memang sudah ada bakat sumbatan, maka bisa menyebabkan tekanan darahnya langsung tinggi dan dapat memicu terjadinya stroke.

Jadi, lebih baik tidak sering mengonsumsi telur, karena dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya. Masaklah telur dengan baik sebelum dimakan dan tetap jagalah kesehatan Anda. []


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

orang yang boleh meminta-minta

Jangan Sentuh 3 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Hasil penelitian juga mengungkapkan, orang yang menggunakan cincin atau memelihara kuku lebih dari dua milimeter membawa lebih banyak mikroba di tangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *