Unik, Informatif , Inspiratif

Awas, Jongkok di Closet Duduk Ternyata Berbahaya

0

Toilet umum menjadi tempat yang dianggap sebagai pusat kuman. Maka tidak heran jika banyak orang yang menghindari kontak dengan perangkat yang ada di toilet. Bahkan banyak yang jongkok ketika memakai closet duduk untuk menghindari perpindahan kuman dari ratusan orang yang telah menggunakannya.

Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa jongkok di closet duduk ternyata mempunyai dampak lebih buruk bagi kesehatan.

Ahli mikrobiologi klinis di Universitas Leicester, Dr. Primrose Freestone mengatakan, memakai closet duduk secara benar–tidak jongkok–tak akan terkena penyakit menular.  Jadi tak perlu takut untuk tetep duduk di closet.

BACA JUGA: Wow, Toilet Umum di Kanada Ini Mirip Hotel Bintang 5

”Mengembangkan infeksi hanya dengan duduk di kursi toilet sangat tidak mungkin, kebanyakan penyakit usus melibatkan transfer bakteri dari tangan ke mulut bukan dari kulit. Kulit manusia juga ditutupi oleh lapisan bakteri dan ragi yang berfungsi sebagai pelindung yang sangat efektif, ” katanya.

Sementara itu, ternyata jongkok di closet duduk dapat meningkatkan risiko infeksi dari toilet, atau bahkan menyebabkan cedera.

Terapis Fisik Brianne Grogan mengatakan bahwa melayang di atas dudukan toilet menyebabkan otot-otot menjadi tegang, dan posisi ini juga menyulitkan urin untuk dikeluarkan.

Dia mengatakan, ”Sering mendorong atau menunda untuk buang air kecil dapat berkontribusi pada prolaps organ panggul.”

BACA JUGA: Bolehkah Bawa HP Berisi Al-Qur  ke Toilet?

Saat kita jongkok di closet duduk, yang ada malah kita konsentrasi untuk menjaga keseimbangan.

Hal tersebut lah yang membuat panggul menjadi tegang dan kita tak bisa mengosongkan kandung kemih kita.

“Ini dapat menyebabkan pengosongan kandung kemih yang tidak tuntas yang pada akhirnya dapat menyebabkan peningkatan frekuensi dan urgensi buang air kecil, atau dalam kasus yang ekstrim, bahkan dapat berkontribusi untuk meningkatkan kemungkinan infeksi kandung kemih ” Grogan menambahkan.

Dia juga mengungkapkan bahwa bagian bawah dan atas seseorang jauh lebih bersih daripada tangan mereka.

Selain itu dudukan toilet juga telah didesain bentuk permukaannya agar bakteri tak dapat hidup di sana. []

SUMBER: TRIBUNNEWS


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline