Unik, Informatif , Inspiratif

Awas, Kebiasaan Ini Bisa Jadi Bibit Korupsi (2-Habis)

0

Kasus korupsi para pejabat negeri ini seakan tak ada habisnya. Selesai satu kasus, muncul lagi kasus lain dengan angka-angka korupsi yang tidak sedikit.

Tahukah Anda, bibit-bibit perilaku korupsi ternyata bisa tumbuh secara tidak sadar sejak Anda muda.

Bibit-bibit ini tumbuh karena hal-hal kecil yang menjadi kebiasaan buruk. Kebiasaan apa saja itu? Berikut ulasannya:

BACA JUGA: Awas, Kebiasaan Ini Bisa Jadi Bibit Korupsi (1)

4. Malas Antre

Kebiasaan malas antre sering terjadi dalam kehidupan masyarakat. Sering ditemukan oknum-oknum yang menyerobot antrean di keramaian publik. Padahal, mengantre mendatangkan banyak manfaat. Melatih kesabaran, menjaga suasana tetap kondusif dan tidak membuat hak orang lain hilang.

5. Mengambil Uang Kembalian Milik Orang Lain

Mengembalikan uang orang lain tidak akan merugikan. Ada banyak hal yang bisa didapatkan dengan bersikap seperti itu. Selain membiasakan berbuat jujur, Anda juga terhindar dari masalah.

BACA JUGA: Kewajiban Berlaku Adil dan Jujur

6. Memanfaatkan Teman untuk Kepentingan Pribadi

Sering memanfaatkan teman untuk titip absen atau mengerjakan tugas yang seharusnya bisa dikerjakan sendiri? Sebaiknya mulai kurangi kebiasaan itu dari sekarang. Memanfaatkan teman untuk kepentingan pribadi membawa dampak buruk bagi Anda dan juga teman Anda.

Anda akan terus bersekongkol dengan teman untuk melakukan hal yang sama berulang. Jika sudah kelewat batas, hal ini bisa berubah menjadi hal lain yang merugikan banyak orang. []

 

SUMBER: IDNTIMES


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline