musim pancaroba
Foto: Shutterstock

Awas, Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Buat Tubuh Gampang Sakit Saat Pancaroba

Musim pancaroba dikenal juga dengan musim sakit. Hal ini dikarenakan perubahan cuaca yang sangat cepat. Sehingga akan menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

Perlu Anda tahu, cuaca yang cepat berubah akan mengubah tekanan udara, suhu, serta komposisi udara. Dengan kondisi itu maka kuman dan virus penyakit akan semakin mudah untuk berkembang.

“Tapi tidak semua orang akan sakit saat musim pancaroba. Semuanya tergantung pada daya tahan tubuh seseorang,” kata dokter spesialis penyakit dalam dari RS Carolus Jakarta, Laurentius Aswin Pramono saat diskusi panas dalam Jakarta, sebagaimana dilansir CNN Indonesia.

Dokter yang akrab disapa Aswin ini mengungkapkan bahwa daya tahan tubuh setiap orang berbeda tergantung bagaimana dia menjaga kesehatan tubuhnya.

Pasalnya, menurut dia, daya tahan tubuh seseorang tidak hanya tergantung pada faktor lingkungan, tapi juga faktor internal.

“Ada beberapa kebiasaan yang tak disadari kerap dilakukan orang yang berakibat pada penurunan daya tahan tubuh.”

Kebiasaan buruk pertama yang bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun adalah kebiasaan makan yang tak seimbang.

“Setiap orang harus punya pola makan yang seimbang, lengkap vitamin dan komposisi makanannya, jangan setiap hari hanya makan mi instan saja.”

Untuk memenuhi asupan makan seimbang, dia pun menyarankan untuk mengonsumsi sumber karbohidrat, sayuran hijau, dan buah.

Selain tak bisa menjaga asupan makan seimbang, kurang olahraga juga menjadi penyebab daya tahan tubuh seseorang jadi rendah. Diketahui, olahraga akan membantu melancarkan peredaran darah, menguatkan tubuh, dan beragam manfaat kesehatan lainnya.

Kebiasaan lain yang kerap dilakukan dan berakibat buruk pada daya tahan tubuh adalah kurang minum. Berapa banyak yang Anda minum setiap harinya?

“Setiap hari setidaknya Anda harus minum dua liter air atau sekitar delapan gelas air,” ucapnya.

“Tubuh yang terhidrasi sempurna akan membuat tubuh punya daya tahan yang kuat dan tak mudah sakit di musim pancaroba.” []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *