cara mandi junub dan haid
Foto: Maskoolin

Awas, Mandi Terlalu Sering Malah Tak Baik!

INSPIRADATA. Mandi merupakan aktivitas yang bisa dibilang wajib untuk mereka yang mengharapkan kesehatan, selain itu dapat pula menyegarkan fisik dan mental. Tapi, riset menjelaskan, mandi terlaru sering itu tak baik

Genetic Science Centre di University of Utah menyatakan, mandi terlalu bersih dapat merusak mikrobiome manusia. Ini merupakan sekumpulan bakteri, virus dan mikroba yang hidup di tubuh kita, lansir Independent.co.uk.

Kuman-kuman tersebut bermanfaat untuk kesehatan. Para peneliti mengatakan, mengganggu ekosistem mikroba tersebut dapat menyebabkan penyakit. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh, pencernaan dan bahkan jantung juga terganggu.

BACA JUGA
Jangan Sampai Anda Melakukan 5 Kesalahan Ini Saat Mandi
Ini yang Terjadi Pada Tubuh Anda Jika Malas Mandi

Studi yang dilakukan tehadap desa Yanomami di Amazon, mengungkapkan bahwa mereka yang hidup di sana memiliki kumpulan mikroba lebih kaya pada kulit dan keragaman tertinggi bakteri dan fungsi genetik yang pernah dilaporkan.

Mereka bahkan memiliki bakteri yang membawa resistensi antibiotika meski belum pernah berkontak dengan antibiotik.

Riset tersebut menyimpulkan, gaya hidup barat yang memperkenalkan sabun dan shampo secara bermakna mempengaruhi keragaman mikrobiome manusia.

Namun riset tersebut belum dapat memberi tahu kita seberapa sering kita seharusnya perlu mandi. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

orang yang boleh meminta-minta

Jangan Sentuh 3 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Hasil penelitian juga mengungkapkan, orang yang menggunakan cincin atau memelihara kuku lebih dari dua milimeter membawa lebih banyak mikroba di tangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *