Unik, Informatif , Inspiratif

Awas, Mulut Sering Terluka Bisa Jadi Pertanda Kanker

0 7

Mulut terluka sering dikaitkan dengan sakit panas dalam. Namun, kondisi mulut yang sering terluka ternyata juga dapat menjadi tanda bahwa Anda mengidap penyakit kanker tertentu. Benarkah demikian? Berikut penjelasannya.

Dokter ahli bedah onkologi RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr Diani Kartini, SpB(K)Onk, mengatakan, mulut yang terlalu sering mengalami berdarah atau terluka bisa pertanda kanker di daerah mulut.

BACA JUGA: Kanker Serviks, Begini Gejala Umumnya

“Gigi yang tajam bisa menyebabkan luka pada bagian dalam mulut seperti sariawan. Jika terlalu sering, hal tersebut bisa menjadi pertanda munculnya kanker mulut atau kanker rongga mulut,” tuturnya.

“Selain karena gigi yang tajam, luka di mulut juga bisa disebabkan karena penggunaan gigi palsu yang sudah tidak cocok atau longgar. Sehingga mampu melukai gusi atau daerah lainnya di mulut,” ucapnya.

Jika luka yang ada di dalam mulut Anda tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan dini.

“Apabila kondisi pemulihannya sudah tidak wajar, lebih baik dibawa ke dokter agar bisa di diagnosis dengan segera,” katanya.

BACA JUGA: Madu Ternyata Bisa Cegah Penyakit Kanker dan Jantung

“Karena pada dasarnya kanker bisa lebih mudah untuk disembuhkan apabila penanganan yang dilakukan lebih cepat,” tutupnya. []

 

SUMBER: DETIKHEALTH

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline