obat nyamuk
obat nyamuk (foto: news)

Awas, Obat Nyamuk Semprot Bisa Sebabkan Anak Pubertas Dini

obat nyamuk
obat nyamuk (foto: news)

INSPIRADATA. Memang benar adanya, menggunakan obat nyamuk semprot lebih efektif dan biasanya harum. Tapi ternyata ada hubungan dekat dengan perkembangan hormon.

Pakar ksehatan yang merupakan associate professor bernama Jing Liu dari Zhejian University, Hangzhou, China,menyebutkan bahwa bahan kimia yang ada dalam obat nyamuk semprot bernama piretroid ternyata menyumbang sekitar 30 persen penggunaan inseksitida di seluruh dunia.

Yang menjadi masalah adalah, zat kimia ini ternyata bisa berfungsi sebagai zat kimia endokrin yang akan mengganggu keseimbangan hormon pada tubuh, khususnya tubuh anak. Tak hanya itu, obat nyamuk semprot ternyata juga memiliki racun bernama axonix yang sangat berbahaya bagi saraf.

BACA JUGA
Hati-hati Pilih Obat Nyamuk
Nyamuk, Inilah Fakta dan Manfaatnya bagi Manusia

Menurut Liu, bahan kimia piretroid ini ternyata mampu membuat anak laki-laki mencapai kedewasaan seksual secara dini.

Padahal, pubertas dini ini ternyata akan meningkatkan beberapa resiko kesehatan pada anak saat usianya dewasa nanti, khususnya berupa penyakit kanker testis atau bahkan kanker payudara. Selain itu, pubertas dini bisa memicu gangguan pertumbuhan atau bahkan masalah perilaku pada anak.

Dalam penelitian ini sendiri, Liu dan timnya melakukan pemeriksaan pada 463 anak laki-laki dengan usia 9 hingga 16 tahun di China. Dalam penelitian ini, diketahui bahwa paparan piretroid dari obat nyamuk semprot mampu bereaksi dengan urine manusia menjadi asam 3-phenoxybenzoic atau 3-PBA.

Yang menjadi masalah adalah, peningkatan 10 persen saja dari asam 3-PBA ini bisa meningkatkan 4 persen hormon testosteron pada anak laki-laki tersebut dan akhirnya memicu pubertas dini.

Dengan adanya fakta ini, ada baiknya orang tua lebih bijak dan tidak berlebihan dalam menggunakan obat nyamuk semprot di rumahnya demi kesehatan anak-anak.

Sumber: doktersehat


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *