efek begadang
Foto: Sites at Penn State

Awas, Sering Begadang Rentan Idap Penyakit Mematikan!

Kebiasaan tidur terlalu larut malam atau begadang pasti akan mengurangi jam tidur seseorang. Hal ini jika dilakukan seekali, tentu tak jadi soal. Masalah serius akan muncul jika begadang atau tidur larut malam menjadi pola hidup.

Banyak penelitian yang menunjukan bahwa begadang itu mempunyai dampak yang berbahaya. Pola hidup semacam ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang bisa memicu kematian.

Menurut Boldsky, tidur yang kurang dari enam jam dalam semalam dapat menyebabkan metabolisme tubuh terganggu. Akibatnya, tubuh akan lebih cepat menyimpan lemak dan membuat orang kegemukan.

Selain merusak sel otak, begadang akan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Ini karena sel darah putih dalam tubuh rusak. Dengan kondisi seperti ini, seseorang akan mudah terserang penyakit.

Beberapa penyakit yang kerap dikaitkan dengan kekurangan tidur malam yaitu, penyakit jantung.

Kurang tidur di jam-jam tertentu akan memengaruhi sistem saraf pusat yang terhubung dengan jantung. Kekurangan tidur akan melemahkan, sistem saraf dan refleksmu.

Penyakit lain yang muncul saat kurang tidur yaitu, stroke. Waktu istirahat yang sedikit akan memicu jantung dan pembuluh nadi bekerja ekstra. Stroke akan lebih mudah menyerang jika kondisi stres yang kamu alami cukup tinggi. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *