terlalu lama nonton tv
Foto: Daily Express

Awas, Terlalu Banyak Nonton TV Sebabkan Paru-paru Rusak Bahkan Kematian

Terlalu banyak menonton TV dengan cara sambil rebahan atau duduk santai di sofa, ternyata dapat merusak kesehatan Anda. Sebuah penelitian dari jurnal American Heart Association Circulation melaporkan bahwa menonton TV terlalu bisa menyebabkan emboli paru, yang bisa berujung pada kematian. 

Emboli paru adalah adanya gumpalan darah yang menghambat pembuluh darah dalam paru-paru. Mayoritas kasus emboli paru disebabkan oleh gumpalan darah beku yang mengalir ke paru-paru dari kaki, atau bisa juga dari bagian tubuh lain seperti panggul, lengan, atau jantung (trombosis vena dalam).

Akibatnya, gumpalan darah dapat terhenti di salah satu pembuluh dalam paru-paru. Akhirnya, aliran darah menuju paru pun terhalang seperti aliran air yang tersumbat dalam pipa air.

Hal ini bisa dibilang berbahaya, karena dapat menyebabkan kematian. Menurut data dari Centers for Disease Control (CDC) di Amerika Serikat, jumlah penderita emboli paru di AS mencapai 200.000 orang setiap tahunnya, dan hampir sepertiganya tewas.

Bukan omong kosong, sebuah studi telah membuktikan hal ini. Studi di Jepang dengan judul  “Watching Television and Risk of Mortality From Pulmonary Embolism Among Japanese Men and Women” meneliti 86.024 peserta yang terdiri 36.006 pria dan 50.018 perempuan. Penelitian ini sebetulnya telah dimulai pada akhir tahun 1980-an di 45 wilayah Jepang dengan melibatkan 110.585 peserta berusia 40 sampai 79 tahun.

Peserta diminta untuk menghabiskan waktu rata-rata menonton televisi berjam-jam per hari dan kemudian dikelompokkan menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama terdiri dari peserta yang menonton TV kurang dari 2,5 jam. Kelompok kedua nonton TV lebih dari 2,5 jam. Sedangkan kelompok terakhir menghabiskan lebih dari 5 jam menonton TV.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa kematian akibat emboli paru banyak dialami oleh peserta penelitian yang menonton TV lebih dari 2,5 jam per hari. Sebenarnya televisi itu sendiri bukanlah sumber masalahnya. Kebiasaan menonton TV-lah yang bisa memicu penyakit ini. []

Sumber: Hello Sehat


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *