Inspirasi dan Data

Awas, Ternyata Tertawa bisa Mematikan

0 41

tertawa tertawa-  - Awas, Ternyata Tertawa bisa Mematikan -INSPIRADATA. Tertawa memang bisa menjadi obat stress, membakar kalori dan meningkatkan kekebalan tubuh. Demikian dilansir dari laman Dr. Oz Indonesia. Namun, tertawa berlebihan ternyata berbahaya bagi kesehatan bahkan bisa menyebabkan kematian.

“Perasaan yang begitu ekstrem, entah itu kesedihan ataupun kebahagiaan, bisa mengaktifkan bagian otak yang bertanggung jawab terhadap respon ancaman seperti di alam liar,” Kata Dr. Martin Samuels selaku Profesor Neurologi di Harvard Medikal School. Demikian yang dilansir dari MSNBC.

Ketika mengalami kebahagiaan otak akan mengeluarkan bahan kimia alami yang disebut adrenalin. Pada hewan besar adrenalin bisa menjadi racun bagi organ lain, khususnya jantung. Demikian juga pada manusia. Kondisi emosi yang kuat, baik itu positif maupun negative, akan sangat membahayakan jantung.

Ada dua kasus ‘Kegembiraan yang fatal’ yang tercatat dalam sejarah sebagaimana dilansir dari Health24. Kematian tersebut karena sesak ataupun gagal jantung yang disebabkan korban tersebut tertawa semalaman.

Pada abad ketiga sebelum masehi, kebahagiaan yang berakibat fatal pernah terjadi di Chrysippus. Seorang filsuf Yunani wafat setelah tertawa terbahak-bahak melihat keledainya mabuk karena diberi minum anggur.

Kasus lain juga terjadi pada tahun 1989. Korbannya adalah seorang audiologi yang berasal dari Denmark. Ia meninggal karena serangan jantung setelah tertawa terbahak-bahak. Ia disinyalir terlalu senang karena menonton film berjudul ‘A Fish Called Wanda’.

Jadi, Sama halnya seperti kesedihan yang berlebihan, kegembiraan yang berlebihan juga ternyata bisa berbahaya sekali bagi tubuh.[]

loading...
loading...
Comments
Loading...