WhatsApp Palsu
Foto: Venturebeast

Awas, WhatsApp Palsu Beredar di Play Store, Ini Cirinya

Aplikasi perpesanan WhatsApp ternyata ada tiruannya. Adalah penjahat siber yang melakukannya guna meretas dan menyebarkan malware ke ponsel korban.

Beberapa hari yang lalu, seorang pengguna forum Reddit menemukan sebuah aplikasi WhatsApp palsu yang ternyata cukup populer di Play Store (toko aplikasi milik Google ). Bahkan aplikasi ini telah diunduh oleh satu juga pengguna.

Dikutip dari Thehackernews, apikasi bernama ‘Update WhatsApp Messenger’ ini telah beredar cukup lama di Play Store. Bahkan, nama pengembang aplikasi ini juga menyerupai aslinya, yaitu ‘WhatsApp Inc’.

Untuk mengelabui pengguna, pengembang diduga menggunakan Unicode khusus. Alhasil, aplikasi palsu tersebut dapat menyerupai Whatsapp asli.

Menurut pengguna yang pertama kali mengetahuinya, aplikasi WhatsApp palsu bukanlah aplikasi obrolan, Sebagai gantinya, aplikasi palsu tersebut menyajikan pengguna Android dengan berbagai iklan untuk mendownload aplikasi lainnya.

“Aplikasi itu pada dasarnya adalah pembungkus iklan yang memiliki beberapa kode untuk mendownload aplikasi lainnya, yang juga disebut ‘whatsapp.apk,” ujarnya.

Untungnya, Google telah menghapus aplikasi tersebut dari Play Store. Namun insiden ini sekali lagi menandai kegagalan raksasa teknologi itu menemukan penipuan di platform mereka. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *