Unik, Informatif , Inspiratif

Awetkan Nasi Anda dengan Mengaduk-aduknya

0 46

Setelah ada Rice Cooker, menanak nasi tampaknya sudah menjadi tradisi yang hilang. Padahal hal tersebut amat berpengaruh terhadap ketahanan nasi.

Agar tak sekadar tahu, mengaduk-aduk nasi atau menanaknya perlu Anda jelaskan kenapa jika ada yang bertanya.

BACA JUGA: Pastikan Jam Tangan Awet, Coba Cara Perawatan Ini

Dalam postingan Mikrajudin Abdullah di Facebook, dia menjelaskan bahwa ada paparan Ilmiah yang bisa menjawab pertanyaan “Kenapa mesti diaduk?” Ini. Dalam statusnya, dia menuliskan ini;

Istri saya selalu mengaduk nasi dalam rice cooker setelah nasi matang. Kalau tidak diaduk, nasi akan cepat basi. Mengapa demikian?

Karena setelah nasi matang, masih ada air yang terperangkap antara butiran nasi. Air akan keluar melalui proses penguapan (difusi) dan prosesnya lama. Persamaan difusi sama dengan persamaan suhu pada posting sebelumnya.

Akibatnya, kalau nasi tidak diaduk, maka air terperangkap cukup lama dalam nasi dan dapat menyebabkan nasi cepat basi.

BACA JUGA: Cara Masak Nasi Tanpa Rice Cooker

Jika nasi diaduk (dihamburkan) setelah matang, kita membuat ruang kosong antara butiran nasi. Ruang kosong tersebut memudahkan air yang terperangkap di bagian dalam menguap keluar.

Ini serupa dengan material berpori di mana gas mudah melewatinya. Dengan demikian, jumlah air yang terperangkap dalam nasi berkurang dan nasi bisa awet cukup lama (tidak cepat basi). []

SUMBER: OKEZONE

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline