anak perokok
Warna pada Kemasan Rokok Memengaruhi Orang untuk Tidak Merokok

Ayah Perokok Bisa Jadi Penyebab Penyakit Paling Mematikan Pada Anak

Merokok tidak hanya membahayakan kesehatan bagi si perokoknya saja, tetapi juga akan berdampak pada orang-orang di sekitarnya.

Contohnya, jika seorang ayah sering merokok di rumah, anak berisiko terkena penyakit infeksi pada paru, yaitu pneumonia.

Dari data yang dikumpukan UNICEF, lebih dari 2.500 balita per hari yang meninggal karena pneumonia, sehingga menyebabkan penyakit ini sebagai salah satu penyebab kematian tertinggi pada balita.

Dokter spesialis respirasi anak dari Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, Prof. dr. Cissy Kartasasmita, SpA (K) mengungkapkan, kerap ditemui kasus anak terserang pneumonia dan ternyata sang ayah sering merokok di rumah.

“Meskipun merokok di luar rumah, tapi setelah itu masuk ke dalam rumah, bajunya kan masih bau rokok. Lalu, bayi digendong. Zat sisa-sisa rokok di baju itu bisa merusak,” ujar Cissy.

Cissy menjelaskan, paparan zat beracun dari rokok yang terhirup anak secara tak sengaja akan merusak keseimbangan daya tahan di pernapasan.

Mulanya, zat berbahaya dari rokok itu merusak silia atau rambut halus yang berfungsi menyaring benda asing masuk ke tubuh. Jika sering terpapar asap rokok, fungsi silia tersebut bisa terganggu. []

 


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *