Chef Sila Memanggang Ayam Menggunakan Sinar Matahari

Ayam Panggang Ini Dimasak Menggunakan Sinar Matahari?

INSPIRADATA. Dunia memasak memang penuh dengan inovasi baru, bukan hanya dari jenis masakan dan rasa masakannya saja. Tapi dalam teknik pengolahan pun nampaknya semakin kesini semakin menarik. Seperti chef asal Thailand yang satu ini. Demikian disitat dari Brilio, Minggu (20/5/2017).

Chef yang bernama Sila Sutharat ini ini memiliki cara yang beda dalam membuat ayam panggang. Dirinya memakai sinar matahari untuk memanggang ayam. Sila membuka rumah makan khusus menjual ayam panggang di Provinsi Petchaburi, selatan Bangkok, Thailand.

Pria berusia 60 tahun tersebut mengolah masakannya di pekarangan warung. Ia juga membuat sendiri tempat panggangan dan kreasinya berupa kompor kaca. Kaca yang jumlahnya sekitar seribu ditata rapih oleh Sila. Sinar matahari itu nantinya dipantulkan langsung ke panggangan.

Sila mengaku mendapat ide memanggang ayam memakai sinar matahari ini pada tahun 1997. Ketika itu ia sedang berada dalam bus, saat bus yang ia tumpangi berpapasan dengan mobil lain, ada cahaya matahari yang memantul dan mengenainya. Mulai dari situ ia terbesit untuk menerapkannya dalam pengolahan makanan.

“Orang-orang bilang saya gila dan nggak akan bisa masak ayam dengan cara begitu. Namun, lama-lama mereka mengakui ternyata bisa juga ya,” terang Sila.

Foto: Bangkok Post

Beruntung Sila bertempat tinggal di kawasan tropis, sehingga sinar matahari selalu tersedia setiap hari disana, kecuali pada musim dingin. Selain untuk menghemat biaya pembelian bahan bakar untuk memanggang ayam.

Sila pun memiliki tujuan untuk lebih rama lingkungan dalam mengolah masakannya, pasalnya ia sekarang tak lagi memakai kayu bakar ataupun minyak tanah.

“Karena semakin lama harganya malah tambah mahal. Mending pakai sinar matahari. Saya bisa berhemat dan mengurangi polusi,” ujar Sila eperti yang dikutip brilio.net dari Bangkokpost, Jumat (19/5).

Menurut Sila, memasak menggunakan sinar matahari sama saja dengan memasak di atas bara api. Karena, sinar matahari pun sama memiliki panas yang mampu mematangkan masakan. Dia membutuhkan waktu sekitar 12 menit sampai ayam itu matang.

Kemudian soal rasa, Sila berani menjamin ayam yang dipanggang dibawah sinar matahari ini lebih enak rasanya ketimbang yang menggunakan kayu bakar. Dalam sehari, warungnya bisa menajajakan ayam bakar sebanyak 40 porsi. Para konsumennya pun mengakui kelezatan ayam panggang Sila. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *