Baca Tiga Surat Ini Setiap Pagi dan Petang, Dicukupkan dari Segala Sesuatu

0

Surat yang terkandung di dalam Alquran semuanya memiliki kebaikan dan keutamaan. Namun di antara surat-surat itu, ada yang dianjurkan dilafalkan sebagai dzikir di pagi dan sore hari. Surat apa sajakah itu?

اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – : (( اقْرَأْ : قُلْ هُوَ اللهُ أحَدٌ ، والمُعَوِّذَتَيْنِ حِيْنَ تُمْسِي وَحِينَ تُصْبحُ ، ثَلاثَ مَرَّاتٍ تَكْفِيْكَ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ )) . رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِي ، وَقاَلَ : حَدِيْثٌ حَسَنٌ صَحِيْحٌ.

‘Abdullah bin Khubaib (dengan mendhammahkan kha’ mu’jamah) radhiyallahu ‘anhu, berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallamberkata kepadaku, ‘Bacalah: Qul huwallahu ahad (surah Al-Ikhlash) dan Al-Mu’awwidzatain (surah Al-Falaq dan An-Naas) saat petang dan pagi hari sebanyak tiga kali, maka itu mencukupkanmu dari segala sesuatunya.” (HR. Abu Daud, no. 5082 dan Tirmidzi, no. 3575. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih).

BACA JUGA: Ini Isi Lengkap Surat Pensiun Jack Ma

Arti Al-Mu’awwidzatain dalam hadis tersebut adalah dua surah Al-Falaq dan surah An-Naas. Kedua surat tersebut berisi tentang meminta perlindungan kepada Allah dari kejelekan setiap makhluk, dari kejahatan di waktu malam, dari kejelekan tukang sihir, dari kejelekan orang yang hasad, dan dari kejelekan was-was setan.

Hadits ini menjelaskan tentang keutamaan yang dimiliki surah Al-Ikhlash, Al-Falaq, dan An-Naas. Dan kita disunnahkan untuk membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas pada Shubuh dan petang hari sebanyak tiga kali.

Selain itu, siapa saja yang membaca tiga surat itu dengan meminta perlindungan kepada Allah, maka akan diberikan kecukupan serta penjagaan.

BACA JUGA: Kurang Cerdas, Apakah Bisa Hafal Alquran?

Lalu bolehkah membaca Ayat Kursi serta Al-Ikhlash, Al-Falaq, An-Naas menggantikan Dzikir pagi dan petang?

Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid hafizhahullah menyatakan bolehnya membaca ayat kursi serta tiga surah (yang disebut mu’awwidzat) setelah shalat fardhu yaitu untuk dzikir pagi setelah shalat Shubuh dan dzikir petang setelah shalat Ashar (setelah shalat Maghrib) dan itu sudah disatukan antara dzikir pagi petang dan dzikir bada shalat. Namun untuk membaca surah Al-Ikhlash, Al-Falaq, dan An-Naas masing-masing tiga kali bada Shubuh dan bada Ashar (atau bada Maghrib). Lihat Fatwa Al-Islam Sual wa Jawab, no. 60420. []

SUMBER: RUMAYSHO

Kamu Sedang Offline