kebiasaan buruk
Ilustrasi: Shutterstock

Bagaimana Atasi Darah Rendah Saat Puasa?

INSPIRADATA. Salah satu masalah bagi kita yang sedang berpuasa adalah darah rendah, yang bisa dibilang tidak normal –lebih rendah dari 90/60 mmHg. Tubuh yang cenderung lemas, lesu, mual-mual, muntah-muntah, pusing, hingga pingsan adalah dampaknya. Lalu, apakah ada solusi untuk mengatasinya?

Pakar kesehatan menyebutkan, jika masalah darah rendah yang terjadi pada orang yang berpuasa seringkali diakibatkan oleh konsumsi makanan dan minuman yang kurang sehat selama bulan puasa ini.

Sebagai contoh, kita kekurangan asupan air putih dengan cukup yakni sekitar 8 hingga 10 gelas air putih setiap harinya. Jika kita tidak mengkonsumsi air putih sebanyak itu, dikhawatirkan kita akan mengawali masalah darah rendah yang membuat kita merasa lemas atau berkunang-kunang saat berdiri setelah duduk dalam waktu yang sangat lama.

Selain itu, jika kita tidak memenuhi asupan vitamin B dan C, protein, dan kalori setiap hari, maka dikhawatirkan kita akan mengalami gejala masalah darah rendah.

Jika kita mengalami masalah darah rendah selama bulan puasa, kita justru direkomendasikan untuk mengkonsumsi asupan garam yang lebih banyak setiap harinya.

Diharapkan konsumsi garam yang lebih tinggi membuat tekanan darah meningkat dan seimbang. Selain itu, jika kita rutin melakukan olahraga, maka kita pun cenderung mampu menjaga keseimbangan tekanan darah dengan baik. Jangan beralasan karena berpuasa kita akan lemas untuk berolahraga. Di sore hari, khususnya menjelang waktu berbuka adalah waktu yang paling ideal melakukan olahraga yang menjaga tubuh dari masalah darah rendah selama berpuasa. []

Sumber: doktersehat


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *