foto: Exoticfishaquarium

Bagaimana Cara Ikan Tidur?

foto: Exoticfishaquarium

INSPIRADATA. Ikan, hewan yang hidup di air, bernafas dengan insang, matanya melek terus, mulutnya mangap-ngatup, berbau amis dan bersisik.

Itulah yang terbesit di pikiran kita ketika mendengar kata “Ikan” sejak kita¬†kecil hingga sekarang.

Namun, pernahkah terlintas pertanyaan di benak kita tentang bagaimana ikan tertidur?

Ikan tidak menggunakan bantal dan selimut saat tertidur, seperti kita. Mungkin menurut kita, ikan tidur dalam kondisi yang aneh.

Ya, sebagian besar dari mereka tidur dengan mata yang tetap terbuka! Itulah sebabnya kita tidak menyadari bahwa sebenarnya si ikan sedang tidur pulas.

Jika anda memiliki akuarium, tentu akan lebih mudah mengamati bagaimana kondisi tidur ikan. Suatu saat pasti ikan peliharaan anda akan berada dalam kondisi terdiam seperti sedang tak sadarkan diri, tapi dengan mata yang tetap terbuka dan pada umumnya akan diam di dasar akuarium.

Dan jika kita taburkan makanan kesukaannya, akan sangat lama sampai si ikan memberikan respons. Itulah saat ia tidur.

Beberapa jenis ikan bahkan harus tetap membuat gerakan saat tidur, agar aliran air tetap terjaga menuju insangnya. Hal ini memastikan si ikan mendapat cukup pasokan oksigen. Ikan yang lebih besar seperti hiu, akan membuat gerakan berenang sangat perlahan ketika tidur. Tetap dengan mata terbuka.

Sedangkan ikan yang hidup di lingkungan bebatuan koral, akan menelusup di antara bebatuan saat tidur, supaya terlindung dari predator. []

Sumber: Sains.me


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *