Inspirasi dan Data

Bagaimana Cara Memotong Kuku yang Baik dan Benar Menurut Islam?

0

Islam adalah agama yang mengatur setiap hal yang dilakukan manusia di dunia baik itu hal kecil sampai ke hal yang sangat besar. Termasuk dalam hal memotong kuku, Islam pun mengaturnya dengan baik.

Seperti kita tahu, menumbuhkan kuku ternyata bukanlah sesuatu yang baik. Hal ini dapat mengundang penyakit, karena jutaan kuman akan bersarang di bawahnya. Maka manusia rentan terjangkit penyakit jika kukunya tidak pernah dipotong, karena sebagaimana kita tahu, kuku adalah salah satu organ tubuh yang menyentuh makanan yang akan kita makan.

Dikutip dari Eramuslim, jika mencontoh apa yang dilakukan Rasulullah Salallahua’laihi Wassalam, hari yang baik untuk memotong kuku adalah hari Senin, Kamis, dan Jum’at. Kenapa? Karena yang sering digunakan untuk ibadah sunnah adalah hari-hari itu. Adapun tata cara atau urutan memotong kukunya sebagai berikut:

  1. Mulai dari jari telunjuk tangan kanan.

  2. Jari tengah tangan kanan

  3. Jari manis tangan kanan

  4. Jari kelingking tangan kanan (tinggalkan ibu jari tangan kanan)

  5. Jari kelingking tangan kiri

  6. Jari manis tangan kiri

  7. Jari tengah tangan kiri

  8. Jari telunjuk tangan kiri

  9. Ibu jari tangan kiri

  10. Ibu jari tangan kanan

Menurut Imam Syafi’i, sunnah memotong kuku sebelum mengerjakan shalat Jum’at sebagaimana disunatkan mandi, bersiwak, bercukur, berharuman, berpakaian bersih dan apik sebelum ke mesjid. Wallahu a’lam bissawab. []

Comments
Loading...