Unik, Informatif , Inspiratif

Bagaimana Cara Merawat Orang Tua?

0

Katanya manusia akan mengakhiri siklusnya saat ia menua. Seperti siklus mahluk hidup yang lain, manusia memiki keunikan dalam siklusnya. Semua telah mengetahui ini, selain membijak pada usia tertentu, ternyata kita lebih banyak menemukan orang tua yang kembali bertingkah dan berpikiran seperti anak-anak-anak.

Mari kita simak fakta-fakta menua ini, agar kita tahu bagaimana bersikap pada orang yang sudah tua, atau setidaknya kita akan bersiap bila kita tiba pada waktunya.

1. Memori yang menurun.

Bersabarlah untuk menjawab setiap pertanyaan yang berulang. Kita harus ingat saat kita kecil, kitalah yang mengulang pertanyaan yang sama.

2. Fungsi Pencernaan yang menurun

Kasus diare ataupun konstipasi akan mudah terjadi pada orang tua. Hal ini disebabkan karena kinerja metabolisme tubuhnya menuurun.

3. Diet tidak selalu bermanfaat.

Yup, karena menurunnya segala fungsi organ, pada kasus individual, makan gula-gula atau ikan asin, tak terlalu bermasalah. Hal ini terjadi karena pengolahan nutrisi hingga tinggkat atom tak semprna lagi, shingga kadar gula dan garam dalam tubuh tak terlalu berpengaruh.

Sebaliknya pada individu yang lain, hal ini bisa berlaku sebaliknya. Sedikit garam, dan sedikit gula akan menjadi masalah.

Jadi yang terpenting adalah melakukan pengecekan darah secara rutin, agar kita tak ‘kecolongan’ .

4. Rasa kesepian.

Selain teman dan saudaranya yang satu persatu meninggal, anggota keluarga pun tak mungkin menemaninya sepanjang hari. Padahal sebagai orang tua, ia secara fisik tak akan mampu bekerja untuk mengisi waktu. Membaca, melelahkan mata. Dan Menonton TV mungkin membosankan. Jadi perlu bagi kita dan anggota keluarganya yang lain untuk berkoordinasi dalam menemaninya.

Jika kita jauh dengannya, telephonelah ia, sebelum ia tak dapat lagi mendengar suaramu karena pendengarannya yang menurun drastis.

BACA JUGA: 9 Manfaat Ajaib Tauge Ini Jarang Orang Tahu

5. Perlu Kehangatan.

Tak hanya kita yang suka akan pelukan. Tak hanya anak-anak kita yang nyaman dengan pelukan. Orang tua pun senang di sentuh, dipeluk, dipijat apalagi sambil berbincang.

Hal penting yang dapat memotifasi kita dalam merawat orang tua adalah hadist rosul. Nabi Shollallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

“ORANG TUA adalah PINTU SYURGA YANG PALING TENGAH, terserah kamu, hendak kamu terlantarkan dia, atau kamu hendak menjaganya.” (HR Tirmidzi)


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline