Foto: NASA

Bahaya, Gunung Raksasa di Antartika Mulai ‘Lepas’

Foto: NASA

INSPIRADATA. Pemanasan global yang kini tengah mengancam planet bumi kian mengganas. Baru-baru ini para ilmuwan mengatakan bahwa gunung es yang diperkirakan adalah satu dari 10 yang terluas yang pernah tercatat akan terlepas dari benua Antartika.

Seperti dilansir BBC pada Jumat (6/1/2017), patahan panjang di kawasan es Larson C tiba-tiba muncul pada Desember 2016 lalu. Dan kini hanya tersisa 20 km es yang mempertahankan potongan seluas 5.000 km persegi itu agar tidak putus dan mengambang.

Larsen C adalah kawasan es utama di bagian paling utara Antartika.

Peneliti di Swansea mengatakan bahwa hilangnya es dengan ukuran seperti itu akan membuat kawasan es secara keseluruhan lebih rentan terpecah.

Larsen C memiliki ketebalan 350 m dan mengambang di lautan di pinggir Antartika Barat, dan menahan arus gletser yang masuk ke sana.

Peneliti sudah mencatat perpecahan di Larsen C selama beberapa tahun, dan menunggu dengan kecemasan setelah runtuhnya kawasan es Larsen A pada 1995 dan perpecahan secara tak terduga di Larsen B pada 2002.

Tahun lalu, peneliti dari Project Midas Inggris melaporkan bahwa patahan di Larsen C menjalar dengan cepat.

Barulah pada Desember 2016, kecepatan patahan tersebut meningkat pesat. Patahan tumbuh 18 km hanya dalam beberapa minggu saja. Kini sebuah potongan gunung es raksasa ini hanya ditahan oleh es sepanjang 20 km dan tinggal menunggu waktu untuk ‘melepaskan diri.’ []


Artikel Terkait :

About Sodikin

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *