foto: arbamedia

Bahaya Paparan AC dan Kipas Angin dalam Waktu Lama

INSPIRADATA. Kipas angin atau pendingin ruangan (AC) seringkali jadi pilihan untuk membuat adem ruangan yang panas. Memang kesejukan dan kenyaman akan terasa, tapi tahukan Anda apa resikonya?

Menggunakan kipas angin dan Ac dalam waktu lama secara terus-menurus ternyata berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari sooperboy, berikut ini bahaya atau dampak buruknya:

  1. Sering merasa kesemutan

Gejala yang dikenal dengan istilah Carpal Tunnel Syndrom ini ditandai dengan rasa kesemutan yang di ikuti dengan nyeri di bagian tangan terutama untuk bagian ibu jari, jari tengah dan telunjuk. Gejala ini diakibatkan karena adanya pembengkakan saraf yang melewati pergelangan tangan. Suhu dingin AC berbahaya bagi penderita rematik. Pada penderita migren pun AC bisa memicu kekambuhan.

Gejala penyakit ini akan menyebabkan leher menjadi lebih tegang (Tortikolis) saat bangun dari tidur. Berbagai gejala antara lain leher kaku, tidak dapat menengok kesatu sisi dan akan merasakan nyeri seperti disetrum jika dipaksakan bergerak. Jika kita berbicara atau batuk akan terasa sakit.

Penyakit ini akan membuat bahu Anda menjadi kaku (Frozen shoulder) dan biasanya akan dirasakan saat kita bangun dari tidur di pagi hari. Gejala lainnya adalah tidak sanggup menggosok gigi dan menyisir rambut disebabkan pergelangan bahu terasa sakit. Penyakit ini akan membuat penderitanya terbatas dalam menggerakan bahu apabila tidak segera diatasi.

  1. Lumpuh pada bagian wajah

Bell’s palsy adalah sakit yang menyebabkan lumpuh pada seisi wajah disebabkan adanya pembengkakan saraf wajah yang disebabkan oleh paparan pendingin ruangan. Biasanya gejala yang akan ditimbulkan seperti mata pedih saat cuci muka, sulit berkumur, bicara tidak jelas dan pengecapan lidah menjadi berkurang. Kemungkinan besar penyakit ini disebabkan oleh adanya virus yang dibawa oleh udara atau angin.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *