pedagang kaki lima masjid nabawi
pedagang kaki lima masjid nabawi (foto: republika)

Bak Kehilangan, Kemana Para Pedagang Kaki Lima di Masjid Nabawi?

pedagang kaki lima
pedagang kaki lima  (foto: republika)

INSPIRADATA. Ada yang hilang usai shalat subuh tadi di Masjid Nabawi. Tiada lagi keriuhan para pedagang kaki lima yang menjajakan jualannya kepada jamaah yang baru dari mesjid.

Tak seperti biasanya, seolah kehilangan saja. Para pedagang “kaki lima” di serambi Masjid Nabawi, Madinah tak ada. Di sana mereka menjajakan aneka barang dagangan, mulai dari baju ghamis, jam tangan, turban, baju panjang, hingga siwak dan alat pemotong kuku, berserakan di permukaan jalan mengular ke semua penjuru sekitar Masjid. .

Ketika itu, Ilham coba melirik ke pojok- pojok jalan, tetapi tidak ada ‘penampakan’ mereka.

“Yang ada hanya para petugas tramtib dan mobil polisi menyebar di mana-mana. Padahal keriuhan para pedagang kaki lima sekitar masjid sudah menjadi “iconik” di masjid Rasul ini. Dan, saya pun merasa ada hal yang terasa hilang,” katanya Selasa (28/03/2017) Madinah dini hari.

BACA JUGA
Siapa Gubernur Pertama Mekkah dan Madinah?
Sejarah Masjid Nabawi ‘Kubah Hijau’ Madinah

Memang benar adanya, para pedagang itu penting adanya, di samping sebagai ikonik Masjid Nabawi, tapi hal tersebut juga “bicara” soal harga.

“Ini bukan hanya karena barang jualan mereka murah-murah karena harganya memang jauh dari harga di toko-toko resmi yang juga berderat di sekitar Masjid Nabawi.” Kata Ilham.

Sama-sama sebagai pencari nafkah, hal keriuhan para pedagang di sana bisa direflesikan sebagai semangat juang mempertahankan hidup.

“Namun, saya merasa melalui mereka semua orang bisa bercermin karena di situ ada refleksi semangat juang yang melelehkan keringat orang-orang kecil yang berebut hidup setiap hari itu.” Pungkas Ilham.

Disitat dari Jurnal Haji, Republika ‘Ketika Masjid Nabawi Kehilangan Pedagang Jalanan’ tulisan Ilham Bintang, Anggota dewan pers dan pemilik media Cek & Ricek


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *