Unik, Informatif , Inspiratif

Bakal Larang WhatsApp, Pemerintah Prancis Bikin Aplikasi Kloningan

0

Pemerintah Prancis akan melarang penggunaan WhatsApp, karena saat ini negara tersebut tengah mengembangkan aplikasi pesan instan lain semacamnya (kloning).

Salah satu pertimbangan utama Prancis membuat tiruan WhatsApp yakni ingin melindungi data pengguna warga Prancis. Pemerintahan Presiden Emmanuel Macron khawatir kasus bocor data pengguna Facebook bisa terjadi pada pengguna WhatsApp.

Alasannya, pusat data maupun server WhatsApp berada di luar negeri, bukan di dalam negeri Prancis.

Seperti dilansir Digital Trends, Kamis (19/04/2018), aplikasi alternatif WhatsApp buatan Prancis dikembangkan menggunakan kode gratis dari internet dan punya enkripsi yang begitu aman.

Selain itu, sebagai pembeda dengan WhatsApp, lokasi pusat data aplikasi alternatif ini ada di Prancis. Dengan demikian pemerintah Prancis bisa memastikan keamanan dan mengambil langkah dengan cepat jika terjadi masalah data pengguna di kemudian hari.

Langkah Prancis memang serius. Buktinya, juru bicara pemerintah Prancis mengatakan, saat ini sekitar 20 pejabat pemerintahan Prancis sedang menguji aplikasi pesaing WhatsApp tersebut.

Pada musim panas nanti, aplikasi ini wajib dipakai oleh semua pegawai pemerintahan di Prancis.

“Kami perlu menemukan cara untuk memiliki layanan pesan terenkripsi yang tak dienkripsi oleh Amerika Serikat atau Rusia. Anda harus mulai berpikir tentang potensi pelanggaran data bisa terjadi, seperti kita melihat kasus Faceook. Kami harus mengambil langkah ini,” kata jubir pemerintahan Prancis. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.