Unik, Informatif , Inspiratif

Bangkai Sapi, Picu Kerusuhan di India

0 1.171

Sebagaimana kita ketahui, Sapi adalah hewan suci oleh sebagian besar masyarakat India yang beragama Hindu.

Larangan penyembelihan sapi dilakukan banyak di negara bagian India. Termasuk larangan menyimpan daging sapi. Menyimpan daging sapi bisa berujung pada hukuman seumur hidup.

Menteri utama negara bagian itu, Yogi Adityanath, seorang pendeta Hindu yang menjadi politisi,  meminta agar rumah pemotongan hewan ditutup dan tempat penampungan sapi dibangun.

BACA JUGA:Arkeolog India: Taj Mahal adalah Bangunan Muslim, Bukan Kuil Hindu!

Kerusuhan bermula dari ditemukannya sejumlah bangkai sapi di hutan di luar desa.

“Aktivis organisasi sayap kanan berkumpul dan menuduh pelaku pembantaian sapi adalah komunitas tertentu,” kata Anand Kumar, direktur jenderal pembantu dari kepolisian negara bagian Uttar Pradesh. Dia menambahkan bahwa temuan itu memicu kerusuhan warga.

Desa itu berada di Negara Bagian Uttar Pradesh, tempat terjadinya kerusuhan pada Senin, termasuk yang melarang penyembelihan sapi.

Sayangnya dalam kerusuhan itu, polisi menjadi target. Mobil dan pos polisi dibakar masa. Kerusuhan ini menyebabkan lima petugas terluka.

Akibat kerusuhan itu, seorang inspektur, Sibodh Kumar Singh, ditemukan tewas di dalam mobilnya yang hancur. Mobilnya dirusak masa hingga hancur. Inspektur Singh dilaporkan tewas akibat luka tembak.

BACA JUGA:Ini Video Ekspedisi Pertama dan Terakhir Interaksi dengan Suku Pedalaman India

Dilansir dari NDTV, dalam kerusuhan itu, pihak kepolisian mengerahkan sekitar 500 personil pasukan reaksi cepat (RAF) dan 600 personil polisi bersenjata dari satuan provinsi.

Kerusuhan berlangsung hingga sekitar satu jam, dan suasana tegang masih berlanjut hingga beberapa jam kemudian.

Kepolisian masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebab pasti kerusuhan dan penyebab kematian kedua korban.[]

 

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline