Unik, Informatif , Inspiratif

Bangun Tidur Terus Minum Kopi, Baikkah?

0 26

Bagi Coffee Lovers, agaknya meminum kopi menjadi keharusan, bahkan mulai saat baru bangun tidur. Agar lebih segar menghadapi aktivitas. Namun, sehatkah?

Laura Cipullo, ahli diet dan penulis buku Women’s Health Body Clock Diet menyebutkan bahwa sebaiknya kita tidak meminum kopi segera setelah bangun tidur karena hal tersebut dapat membuatmu mudah merasa gugup.

BACA JUGA: Turunkan Berat Badan dengan Minum Kopi setelah Sarapan

Saat baru bangun tidur, tubuh akan dipenuhi dengan hormon kortisol yang merupakan hormon stres, sementara itu kafein dapat meningkatkan respons terhadap kortisol. Selain itu, minum kopi segera setelah bangun tidur dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih cepat lelah dan lesu.

“Sebaiknya minum kopi saat tubuh sedang memproduksi kortisol dalam jumlah sedikit, sekitar tiga hingga empat jam setelah bangun tidur,” kata Cipullo, dikutip dari Business Insider.

Selain itu, Cipullo juga menyarankan untuk menghindari minum kopi di malam hari.

Sebab, kandungan kafein pada kopi dapat bertahan dalam tubuh selama enam jam dan kandungan kafein dapat membuat susah tidur. Efek kopi mencapai puncaknya pada 30 hingga 60 menit setelah diminum.

Meski tidak dianjurkan diminum pada waktu-waktu tertentu, kopi sendiri sebenarnya memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.

BACA JUGA: Bagi Anda Pecinta Kopi, Ini Saran dari Dokter Jantung

Contohnya, sebuah riset dari UCLA menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan kadar protein sex hormone-binding globulin (SHBG) yang bisa mengontrol aktivitas biologis hormon seks tubuh, seperti testosteron dan estrogen, yang berperan dalam menyebabkan diabetes.

Selain itu, kopi juga baik untuk untuk melindungi hati dan jantung, serta menurunkan risiko kepikunan.

Namun begitu, meski kopi punya banyak manfaat, sebaiknya kopi tidaklah diminum secara berlebihan. Terlalu banyak meminum kopi justru akan membuat kita menjadi lebih mudah gugup, mudah tersinggung, dan juga menyebabkan insomnia. []

SUMBER: KUMPARAN

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline