Unik, Informatif , Inspiratif

Banten Diguncang Gempa 5,2 Magnitudo

0

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis, telah terjadi gempa bumi 5.2 magnitudo yang mengguncang wilayah Pandeglang, Provinsi Banten, Kamis (14/2/2019), pukul 06.41.53 WIB.

“Hasil pemutakhiran analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan M=5,0,” ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (14/2/2019).

BACA JUGA: Gempa 6,1 SR Guncang Kabupaten Nias

Menurut dia, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,07 Lintang Selatan dan 105,64 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 84 kilometer arah selatan Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Propinsi Banten pada kedalaman 56 km.

Maka, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar Obliqe Turun (Oblique Normal Fault),” ujarnya.

Ia menjelaskan, dampak gempa bumi berdasarkan informasi dari masyarakat, dirasakan antara lain di daerah Malingping, Cijaku, Panggarangan, Bayah, Ciptagelar dan Wanasalam III MMI, sementara daerah Pelabuhan Ratu dirasakan II MMI.

BACA JUGA: 5 Fakta Sesar Lembang Berpotensi Timbulkan Gempa di Bandung

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.[]

SUMBER: VIVA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline