Indonesia mengirim bantuan
Foto: Setkab.go.id

Bantu Rohingya, Indonesia Kirim 4 Hercules

Konflik di Rakhine, Myanmar mengundang perhatian dunia. Negara-negara di seluruh dunia bereaksi dengan melakukan berbagai upaya yang dapat membantu meringankan konflik di sana, termasuk Indonesia.

Indonesia mengirim bantuan untuk korban konflik di Rakhine, Myanmar. Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas empat pesawat Hercules yang berisi bantuan kemanusiaan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

“Bantuan ini dapat dilakukan setelah saya menugaskan, mengutus Menteri Luar Negeri untuk berbicara dengan pemerintah Bangladesh, dengan pemerintah Myanmar dan membahas bantuan kemanusiaan yang diperlukan (Rohingya),” dalam keterangan resmi dari Joko Widodo, seperti dilansir dari dream.co.id.

Jokowi mengatakan, pesawat-pesawat itu berisi family kit, beras, makanan siap saji, tangki air, tenda untuk pengungsi, pakaian anak, serta selimut.

“Karena memang barang-barang inilah yang sangat diperlukan,” ujar Jokowi.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, saat ini, terus menunggu barang-barang apa saja yang dibutuhkan warga Rohingya. Dia mengharapkan bahwa sinergi antara pemerintah, pemda, ormas, dan masyarakat untuk mengirim bantuan yang dibutuhkan warga Rohingya di bawah satu nama, yaitu Indonesia.

Retno, dalam penyaluran bantuan, akan bekerja sama dengan pemerintah Myanmar dan organisasi-organisasi kemanusiaan, seperti UNHCR dan IOM.

Message kita tentunya sangat dipahami bahwa bantuan ini adalah untuk semua pengungsi yang berasal dari Rakhine State,” ucap Retno. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *