Unik, Informatif , Inspiratif

Bantuan Belum Cair, Korban Gempa Lombok Boleh Pinjam Dana ke Bank

0

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Barat mempersilakan para korban gempa untuk berutang kepada bank. Hal tersebut diimbau untuk membiayai pembangunan kembali rumah yang rusak, sambil menunggu proses pencairan dana bantuan dari pemerintah.

“Pinjam di bank sangat boleh. Nanti setelah uang bantuan dari pemerintah sebesar Rp50 juta cair dipakai untuk mengembalikan pinjaman,” kata Kepala BPBD NTB, Mohammad Rum, di Mataram, Rabu (24/10/2018).

BACA JUGA: Beda Penanganan Pemerintah terhadap Lombok dan Palu, Ini Penjelasannya

Rum menilai, pembangunan rumah korban gempa menggunakan dana pinjaman dari bank bisa menjadi salah satu terobosan untuk mempercepat proses pemulihan pascabencana.

Ia menuturkan, kemudahan tersebut sudah diatur dalam petunjuk teknis pembangunan rumah korban gempa bumi di NTB. Jika ada masyarakat yang telah membangun sendiri rumahnya dengan pendampingan fasilitator, maka biaya yang dikeluarkan akan diganti pemerintah.

BACA JUGA: Slogan Ini Gambarkan Keharuan Korban Gempa Lombok

“Jadi jelas dan tidak salah kalau meminjam di bank. Tidak perlu bukti-bukti beli bahan yang penting rumahnya antigempa dan disetujui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” ujarnya. []

SUMBER: GELORA.CO


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline