Unik, Informatif , Inspiratif

Banyak Bayi Lahir Tanpa Lengan, Prancis Gelar Investigasi Besar-Besaran

0 15

Pekan ini, Prancis tengah menggelar penyelidikan besar-besaran untuk mengungkap fenomena lahirnya puluhan bayi tanpa lengan dalam 15 tahun terakhir.

Seperti dikutip AFP, ada sekitar 25 bayi yang lahir tanpa lengan atau mengalami gagal pertumbuhan tangan di beberapa wilayah Prancis, di antaranya Brittany, Loire-Atlantique, dan Ain. Kasus terbanyak terjadi di Ain, wilayah dekat perbatasan Swiss.

BACA JUGA: Misterius, Sejumlah Bayi di Prancis Dilahirkan tanpa Tangan

Penyelidikan baru dalam kasus ini diperintahkan Kementerian Kesehatan Prancis pada Ahad lalu (28/10/2018), setelah dua minggu sebelumnya para ahli membahas fenomena ini. Hingga saat ini, ahli kesehatan Prancis masih belum tahu pasti penyebabnya.

Walau penyebabnya belum diketahui, namun berbagai riset menyebutkan paparan zat kimia atau obat tertentu bisa meningkatkan cacat janin pada kehamilan. Contohnya pada kasus ribuan bayi lahir cacat antara 1950 dan 1960-an akibat konsumsi obat thalidomide untuk menghilangkan mual.

BACA JUGA: Selamat dari Tsunami Palu, Bayi 2 Bulan Ditemukan di Atas Pohon

Menteri Kesehatan Prancis Agnes Buzyn mengatakan penyelidikan kasus bayi-bayi lahir cacat ini juga akan melibatkan para ahli lingkungan. Buzyn berharap penyelidikan dapat mengungkap dan mencegah kasus serupa terjadi di masa depan.

“Kami tidak bisa membantah bahwa kami tidak menemukan kasusnya, itu tidak bisa diterima,” kata Buzyn.[]

SUMBER: KUMPARAN | AFP

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline