gempa lombok
Foto: Detik.com

Banyak Isu Gempa Akhir Tahun, BMKG: Cukup Waspada Saja!

Akhir-akhir bulan tahun 2018 ini, Indonesia tengah dirundung duka dengan adanya berbagai bencana alam. Dari gempa di Nusa Tenggara Barat hingga tsunami di Selat Sunda.

Bencana-bencana tersebut memupuk rasa khawatir masyarakat. Hal tersebut ditambah dengan munculnya ulah orang-orang yang membuat berita bohong terkait ancaman gempa atau tsunami pada malam tahun baru 2019.

BACA JUGA: BNPB: Ada Tiga Bencana Alam Langka di 2018

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah mempercayai berita yang bereda di media sosial. Hingga saat ini belum ada satupun alat yang mampu memprediksi waktu terjadinya tsunami.

“Sejauh ini belum ada teknologi ataupun ahli yang dapat memprediksi kapan tepatnya (dilengkapi jam dan tanggal pasti) sebuah gempa akan terjadi,” tulis akun Instagram BMKG, Jumat (28/12/2018).

BACA JUGA: Manokwari Diguncang Gempa M 6,1

BMKG menyarankan masyarakat agar tetap waspada dan tenang jika nantinya terjadi suatu bencana.

“Lebih baik tetap waspada, berdoa yang baik, dan terus pantau informasi dari pihak terkait/instansi resmi pemerintah. Semoga sudah bisa menjawab pertanyaan warganet yang banyak bertebaran di kolom komentar,” ucap pengelola akun BMKG tersebut. []

SUMBER: DREAM


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *