otot kaki

Bau Kaki? Duh Jangan Deh, Ini Cara Ampuh Tumpas Habis Bau Kaki

INSPIRADATA. Pemakaian alas kaki, tentu tidak bisa dihindari apalagi jika ada sesuatu hal yang mengharuskan kita keluar rumah atau bekerja di lapangan.

Pada dasarnya penggunaan alas kaki diperuntukan sebagai pelindung. Namun, jika digunakan sepanjang hari atau dalam jangka waktu lama, beberapa masalah seperti timbulnya bakteri, gatal dan bau mungkin akan terjadi.

Masalah yang paling umum adalah bau kaki. Hal ini tentu akan membuat anda dan orang lain tidak nyaman karenanya. Disarikan dari beberapa sumber, inilah delapan cara ampuh agar bebas dari bau kaki:

1. Cuci kaki secara menyeluruh. Ketika mandi, jangan lupa menyabuni kaki Anda, termasuk telapak dan sela-sela jari untuk menyingkirkan bakteri dan kotoran yang ada di sana.

2. Ketika keluar dari kamar mandi, keringkan setiap sentimeter kaki hingga benar-benar kering, karena jamur dan bakteri suka pada area yang lembap. Demikian yang dikatakan profesor lingkungan dan mikrobiologi di University of Arizona Tucson yaitu Prof. Chuck Gerba, Ph.D.

3. Tidak memakai sepatu yang sama dua hari berturut-turut. Hindari memakai sepatu yang sama lebih dari sehari. Jadi, biasakan untuk berganti sepatu, agar kaki Anda tak terjebak dalam kelembaban.

4. Gunakan bedak. Cara ini dapat digunakan jika kaki Anda mudah lembab. Bedaki saja kaki Anda sebelum memakai sepatu agar tetap kering sepanjang hari.

5. Baking soda dan kopi. Menurut situs House Cleaning Central, baking soda dapat digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap dari berbagai benda termasuk sepatu Anda. Caranya Masukkan masing-masing sekantung kecil kopi atau baking soda ke dalam sepatu kanan dan kiri di waktu malam. Biarkan baking soda bekerja menghilangkan bau saat sepatu tersebut tidak digunakan.

6. Tas dan freezer. Cara ini mungkin sedikit aneh, tapi bisa saja dicoba. Pertama, masukkan sepatu ke dalam tas kain atau kantung laundry, lalu masukkan ke dalam freezer. Suhu beku dapat mengusir bakteri dan menghilangkan bau.

7. Kaus kaki dan pasir kucing. Pasir kucing dapat menyerap bau kotoran kucing. Hal yang sama berlaku untuk sepatu Anda. Masukkan pasir kucing secukupnya ke dalam kaus kaki atau stoking bekas, ikat ujungnya. Masukkan masing-masing satu kantung kecil pasir ke dalam sepatu kanan dan kiri di malam hari.

8. Alkohol. Masukkan alkohol yang biasa dijual di apotek ke dalam botol semprot. Semprot sepatu Anda, terutama bagaian dalamnya dengan alkohol. Alkohol dapat membunuh bakteri yang menyebabkan bau. Pastikan jumlah alkohol yang disemprotkan tidak berlebihan, sehingga tidak merusak sepatu.

9. Arang. Seperti halnya alkohol dan pasir kucing, arang juga mampu menghilangkan bau. Taruh saja sebongkah arang ke dalam sepatu pada malam hari, esoknya sepatu terbebas dari bau. []


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *