Unik, Informatif , Inspiratif

Bau Mulut Ketika Bangun Tidur, Kok Bisa?

0 52

Bau mulut bisa terjadi kapan saja termasuk setelah bangun tidur. Padahal, kita sudah rutin menyikat gigi sebelum tidur, bahkan menggunakan obat kumur namun mulut tetap beraroma tak sedap saat bangun tidur.

Ternyata bau mulut setelah bangun tidur itu disebabkan oleh bakteri yang menumpuk di mulut dan secara serentak mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Menurut peneliti, bakteri itu menyukai tempat yang basah, lembab, dan hangat. Kriteria ini ada di rongga mulut manusia. Dan hal yang atut diketahui adalah jumlah bakteri yang ada di rongga mulut lebih banyak dari total manusia di muka bumi.

Ketika kita tidur dengan mulut tertutup, bakteri-bakteri ini tak bisa melepaskan senyawa kimia berbau ke luar. Karena itulah, mulut akan mengeluarkan bau tak sedap saat di pagi hari.

Ketika kita tidur, produksi air liur terhenti sehingga bakteri tumbuh dengan cepat terutama bila kualitas air liur kita buruk. Mulut kita tak akan terlalu berbau saat sadar karena air liur terus diproduksi dan tergantikan.

Selain karena air liur kita, bakteri juga dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi mulai pagi sampai ketika akan beranjak tidur. Beberapa makanan memiliki peran menambah bakteri dalam mulut sehingga menciptakan bau tak sedap selama manusia tidur.

Tak hanya air liur dan makanan, ternyata pasta gigi yang kita pakai pun berpengaruh terhadap bau mulut kita.

menyikat gigi dengan pasta gigi justru membuat area yang tidak disukai bakteri. Bakteri ini tak suka semua bahan sodium lauryl Sulfate (SLS) atau deterjen yang biasanya ada di pasta gigi yang ada di pasaran.

Alih-alih membuat berkurang, pasta gigi dengan SLS justru membuat bakteri semakin cepat berkembang biak tidak terkontrol. Akibatnya nafas akan semakin bau setelah bangun tidur.

Karena itulah, diperlukan pasta gigi yang tepat dan tidak mengandung SLS atau deterjen. []

 

SUMBER: DREAM

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline