Ilustrasi. Foto: icoriii.com.au

Baunya Harum, 6 Tanaman Ini Bisa Jadi Pewangi Alami

ALAM memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Kebutuhan manusia pun bisa terpenuhi dari hasil alam. Bahkan, di jaman modern saat ini, banyak yang menjalani gaya hidup sehat dengan kembali ke alam atau menggunakan bahan-bahan alami seperti herbal.

Bahan-bahan alami memang dipercaya memiliki keunggulan dan tidak menimbulkan efek samping bagi manusia, dibandingkan dengan bahan-bahan yang mengandung zat kimia buatan atau sintetis.

Bahan-bahan alami, bisa diperoleh salah satunya dari tumbuhan atau tanaman. Selain penghasil oksigen, tanaman juga digunakan sebagai bahan pangan. Ada segudang manfaat yang bisa diperoleh dari tanaman.

BACA JUGA: Usir Nyamuk dengan Tanaman Ini

Tanaman yang tumbuh liar pun memiliki banyak manfaat. Akar-akar pohon bisa menjadi tempat resapan air hujan. Bunga dan tanaman lain menjadi sumber makanan bagi serangga dan hewan lainnya yang hidup di alam bebas.

Tanaman juga bisa mengahasilkan warna, bisa juga menghasilkan rasa, dan aroma atau bau.

Oleh karena itu, tanaman bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Selain untuk memperindah halaman dan rumah, tanaman juga bisa dimanfaatkan sebagai pewangi, lho. Mulai dari pewangi ruangan sampai bahan parfum.

Nah, berikut ini beberapa tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai pewangi tersebut:

Akar Wangi

Sesuai dengan namanya, akar ini memiliki wangi. Nama ilmiahnya Chrysopogon zizanioides. Akar wangi merupakan tanaman sejenis rumput yang berasal dari India. Akar wangi yang sudah dikeringnya biasanya digunakan sebagai pengharum lemari pakaian. Minyak dari akar wangi ini dikenal dengan nama vetiver oil.

Cengkih

Cengkih memiliki nama ilmiah Syzygium aromaticum. Tanama bernama ilmiah Syzygium aromaticum ini merupakan tamanan asli Indonesia yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Selain dijadikan bumbu masak, cengkih juga dijadikan sebagai pestisida alami dan campuran minyak wangi. Minyak wangi cengkih diperoleh dari bunga, gagang bunga, dan daun. Dari ketiga bagian tersebut dapat dihasilkan tiga macam minyak.

Kayu Manis

Nama ilmiah kayu manis ini adalah cinnamomum verum. Minyak ini dikenal dengan nama cinnamon bark oil. Wanginya sudah tak diragukan lagi. Minyak kayu putih kerap digunakan sebagai penghangat tubuh ataupun aromaterapi.

BACA JUGA: 6 Tanaman Mematikan yang Ada di Sekitar Rumah

Daun Mint

Tanaman ini banyak digunakan sebagai pewangi pada makanan, minuman, pasta gigi, permen karet, dan parfum.

Sereh

Daun Sereh atau Cymbopogon nardus dijadikan minyak sereh atau biasa dikenal dengan java citronella oil. Minyak ini digunakan sebagai pewangi sabun, bahan kosmetik, dan parfum.

Kapulaga Sabrang

Kapulaga memiliki nama ilmiah Elettaria cardamomum. Kapulaga adalah jenis rempah di masakan Asia dan digunakan sebagai obat tradisional. Minyak kapulaga ini dikenal dengan nama cardamom oil dan digunakan sebagai bahan baku minyak wangi. Minyak ini merupakan hasil penyulingan dari serbuk bijinya. []

SUMBER: BOBO


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Dimasak Terlebih Dahulu

Lakukan 4 Hal Ini untuk Kurangi Sampah Makanan

Sampah makanan memang tidak hanya berasal dari rumah tangga saja, melainkan juga dari pasar, restoran, hingga perusahaan besar yang tidak bisa dikendalikan dengan mudah. Mulai sekarang, cobalah untuk mengurangi sampah makanan dari Anda sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *