Foto: Detik

Bawang Merah Harga Murah dari India Ternyata Bawang Bombay Mini

Bawang Merah dengan harga Rp 2.500/kg yang diekspor dari India ternyata adalah bawang bombay mini yang dikirim secara ilegal ke Indonesia.

BACA JUGA: Ini Dia 3 Manfaat Hebat Menaruh Bawang Merah Di Telapak Kaki

Wakil Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim, Komisaris Besar Daniel TM Silitonga menjelaskan, harga bawang bombay merah mini ini hanya Rp 2.500/kg di India, kemudian jika dikirim ke Indonesia harganya akan menjadi Rp 6000/kg.

Setelah melewati berbagai rangkaian biaya pengiriman, clearance dan lainnya ditingkat distributor, harga bawang bombay merah mini menjadi sekitar Rp 9.500/ kg.

“Sementara harga ditingkat eceran kisaran Rp 14.000/kg dengan demikian, ada keuntungan bawang bombay mini sebesar Rp 8.000. Sementara ini harga bawang merah lokal di petani saat ini kisaran Rp 18.000,- sedangkan di pasar retail rata-rata kisaran Rp 25.000/ kg,” katanya di lokasi penyitaan, Gudang Jala Letjen Sujono 168 Medan, Senin (25/6/2018).

BACA JUGA: Bawang Putih Ternyata Ampuh Redakan Batuk, Begini Caranya

Alasan lain mengapa importir India berani untuk mengirimkan bawang bombay merah mini untuk dijual sebagai bawang merah di Indonesia yaitu karena adanya perbedaan tarif bea masuk bawang merah ditetapkan sebesar 20%. Sedangkan bawang bombay 5%.

“Jika bawang merah ini lolos ke pasaran, ini akan petani bawang merah lokal akan menjadi resah. Hal itu akan mempengaruhi harga jual bawang merah lokal yang hargaya akan anjlok,” papar dia. []

SUMBER: DETIK


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *