Anak usia 1 Tahun alami pubertas
Foto: Anak usia 1 Tahun alami pubertas

Bayi Usia 1 Tahun Ini Sudah Pubertas, Bagaimana Bisa?

Anak usia 1 Tahun alami pubertas
Foto: Anak usia 1 Tahun alami pubertas

INSPIRADATA. Pubertas. Sebuah fase biologi yang sangat wajar, dan biasanya dialami oleh anak berusia 11-12 tahun ke atas. Karena pada masa pubertas kondisi fisik secara biologi manusia akan mengalami fase perubahan misalnya, berkumis, berjenggot jika terjadi pada laki-laki. Dan untuk perempuan akan mengalami fase menstruasi.

Namun, apa yang terjadi jika masa pubertas dialami oleh anak yang baru berusia satu tahun.

Dilansir oleh Dream, seorang anak dari India berhasil menarik perhatian dunia setelah mengalami perkembangan fisik secara pesat. Rambut di bagian kemaluan dan kelaminnya tumbuh lebih cepat dari bocah seumurannya. Sehingga terlihat seperti milik orang dewasa.

Bayi ini menderita kelainan langka karena mencapai pubertas pada fase awal kehidupannya. Bayi ini aktif secara seksual, karena mengalami perubahan abnormal setiap harinya.

Tubuhnya mulai berubah saat memasuki usia enam bulan dan memiliki panjang badan 10-15 cm lebih tinggi dibanding anak-anak seusianya. Kemudian wajah dan tubuhnya ikut berubah diusia muda.

” Kami pikir mungkin dia bayi yang besar, jadi kami tidak membawanya ke dokter. Tapi saat dia berumur satu tahun, jelas ada yang tidak beres,” terang sang ibu.

Cambang dan kumis mulai menghiasai wajahnya, disertai dengan mulai mengalami daya tarik seksual. Hal tersebut tentu membuat kedua orangtuanya sangat shock, melihat bayi mereka tumbuh dengan sangat cepat.

Dokter kemudian memeriksanya untuk mengetahui kadar testosteron di dalam tubuhnya. Hasilnya mengejutkan.

Ternyata ditemukan 500-600ng/dl yang setara dengan pria berusia 25 tahun, dimana anak berusia satu harusnya hanya memiliki 20 ng/dl testosteron.

Kondisi itu kemudian dianalisa lebih lanjut dan dikenal sebagai kondisi langka bernama pubertas prekoks. Lapporan ini mengkalim bahwa satu dari 5000 anak di usia 10 tahun biasanya mengalami hal ini. Tapi kasus bayi ini disebut-sebut sebagai satu di antara 10 juta balita yang didiagnosa menderita pubertas pada kelompok satu tahun.

BACA JUGA:

Awas, Obat Nyamuk Semprot Bisa Sebabkan Anak Pubertas Dini

Orangtuanya menjelaskan jika kondisi itu membuatnya sanagat agresif sehingga mereka tidak dapat mengendalikannya. Kondisi kesehatan ini menghambat perkembangan fisik dan mental anak tersebut. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *