Unik, Informatif , Inspiratif

Bebaskan Abu Bakar Ba’asyir, Jokowi: Beliau Kan Sudah Sepuh

0

JAKARTA– Presiden Joko Widodo menjelaskan alasannya membebaskan terpidana kasus terorisme dengan tersangka Pimpinan jamaah Ashoru Tauhid (JAT) Abu Bakar Baasyir.

Jokowi mengatakan, pembebasan tersebut dilakukan dengan alasan dan atas dasar pertimbangan kemanusiaan.

BACA JUGA: Jokowi Bebaskan Abu Bakar Ba’asyir, Jubir FPI: Kenapa Harus Jelang Pilpres?

“Yang pertama memang alasan kemanusiaan. Artinya Beliau kan sudah sepuh, ya pertimbangannya kemanuBsiaan,” kata Jokowi pada Jumat (18/1/2019).

Jokowi menjelaskan, ia menugaskan kuasa hukumnya Yusril Ihza Mahendra untuk mengupayakan pembebasan Baasyir juga membenarkan bahwa kondisi kesehatan Baasyir yang menurun menjadi pertimbangan utama.

Jokowi menegaskan ada banyak pertimbangan lain yang diperhatikan.

“Iya, termasuk kondisi kesehatan, masuk dalam pertimbangan itu. Ini pertimbangan yang panjang. Pertimbangan dari sisi keamanan dengan Kapolri, dengan pakar, terakhir dengan Pak Yusril. Tapi prosesnya nanti dengan Kapolri,”ujarnya.

Jokowi mengungkapkan, keputusan untuk membebaskan Baasyir tidak muncul tiba-tiba atau melalui pertimbangan yang singkat.

BACA JUGA: Abu Bakar Ba’asyir Resmi Bebas, Muhammadiyah: Kami Apresiasi Keputusan Jokowi

“Sudah pertimbangan lama. Sudah sejak awal tahun yang lalu. Pertimbangan lama Kapolri, kita, Menkopolhukam, dan dengan pakar-pakar. Terakhir dengan Pak Prof Yusril Ihza Mahendra,” tandasnya. []

SUMBER: LIPUTAN6


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.